Hal Kecil yang Bikin Bisnis Anda Bangkrut


Hal Kecil yang Bikin Bisnis Anda Bangkrut

Ternyata ..banyak bisnis yang bangkrut
Penyebabnya hanya hal sepele.

Tulisan terkait ini ..
Sebenarnya sudah dua kali saya tulis dan posting tapi tetep aja ada yg japri kang tolong jelasin dengan pendekatan berbeda donk entah kenapa hal yg terlihat mudah kok sulit dimengerti terlebih diaplikasikan.

Jadi..
Materinya terkait harga pokok penjualan atau HPP yaitu total keseluruhan pengeluaran dan beban yang dikenakan baik secara langsung maupun tidak langsung untuk menghasilkan barang dan jasa.

Baca Juga: Jebakan Branding Lalu Harus Bagaimana?  

HPP (Harga Pokok Penjualan) bisanya disebut juga sebagai biaya penjualan. Dalam bahasa Inggris Harga pokok penjualan (HPP) disebut Cost of Goods Sold (COGS).

Bagaimana cara menentukannya ? Ada beberapa tahapan dalam penentuan hpp :

1. Fahami dan catat bisnis proses yg berjalan di bisnis kita

Contoh klo di bisnis perdagangan :
Modal - inventori - sales - cogs - opr cost - nett profit - pengalokasian nett profit


Baca Juga : Modal Bisnis paling Utama itu Bukan Duit


2. Deteksi dan catat setiap cost yg timbul dari setiap tahapan bisnis proses

Contoh :
- apakah ada cost untuk proses mendapatkan modal
- pada proses inventori/stok barang ada proses purchasing (pembelanjaan ) berapa aja cost nya ?
- dan seterusnya

3. Jika bisnisnya sudah berjalan cek record sales minimal 3 bulan sebelumnya

Ini terkait dengan penetapan beban operasional per pcs produk ,contoh :
jika 3 bulan berturut turut angka sales kita di angka 1000 pcs / bulan sedangkan angka opr kita Rp.12000.000 maka beban opr per unit nya yaitu Rp.12.000

Jika harga beli +12.000 dirasa terlalu tinggi dan menjadikan produk kita sulit bersaing ? Maka 2 hal yg bisa dilakukan :
- Turunin angka opr nya sehingga menurunkan pembebanan per unit nya.
- Naikan angka sales nya

4. Jika bisnisnya belum dimulai maka tentukan goal sales nya

Penentuannya mudah ..
Tentunya karena bisnisnya blum dimulai jadi tinggal:
- berapa harga jual yg diinginkan
- berapa beban opr per unit yg diinginkan
- sesuaikan target sales sesuai 2 point diatas

Baca Juga: Usaha Jangan Cuma Diomongin Melulu tapi di Dimulai saja 

5. Tetapkan hpp nya

Karena ..
Banyak mereka yg bangkrut bukan karena ngak laris tapi karena ngak tau modal sebenarnya dari produknya jadi dikira untung padahal buntung ...wkwkwk

Gimana mudah kan ???

Ok belum paham juga... sekarang gini ambil contoh

Usaha fotokopi di depan sekolah SD dibandingkan usaha fotokopi di dekat universitas kira kira lebih menguntungkan yang mana? yap benar yang dekat dengan universtas? mengapa karena intensitas / banyaknya kemungkinan orang memfotokopi akan jauh lebih banyak yang dekat dengan universitas, mahasiswa paling sering tu fotokopi, foto kopi laporan, fotokopi materi kuliah, fotokopi catatan teman, fotokopi untuk proposal, fotokopi untuk skripsi dan masih banyak lagi. Nah lainhalnya dengan yang cuma di sekolah sd malah bisa tekor untuk biaya listrik manjer mesin fotokopinya. soalnya nih mesin fotokopi bukan mesin yang bisa di hidup matikan seenaknya untuk digunakan, musti ada rentan waktunya alias dipanjer nah dari sini saja perhitungan beban pengeluaran rutin bulanan dengan penghasilan sudah bisa anda ambil kesimpulan mana bisnis yang maju dan menguntungkan mana bisnis yang akhirnya bangkrut bukan??? untuk itu pentingnya mencari lokasi yang tepat dan jenis bisnis yang tepat pada lokasi tersebut juga penting untuk anda pertimbangkan.

Terkait dengan gambar diatas.. pernah ga ke warteg atau warung makan yang ada Tulisannya NGAMEN GRATIS, atau tulisan seperti diatas. Sebenarnya ini penglaman pribadi saya juga sih saya pernah makan di warung yang ya ada tulisan begitu kebetulan warungnya memang lagi sepi hari itu. lalu ada pengamen datang , nyanyi jreng jreng jreng.. kemudian pemilik warung bilang maaf maaf ya ga ada mas... ngapunten... kemudian setelah pengamen pergi baru pemiliki warung tersebut bercerita , kalau satu dua sih ga papa ya mas sedekah namanya tapi kalo sering-sering ya tekor mas, untung dari jualan ini ga severapa belum harus diputer lagi buat belanja besok. Nah dari situ anda sebagai pengusaha pasti juga punya penilaian sendiri dan cara sendiri untuk bersedekah maupun memberi namun tidak dengan memanjakan pengamen atau pengemis. Jika ada yang tidak berkenan dari tulisan ini silahkan di komen saya hanya menulis apa adanya. Lagian sekarang ada loh undang undangnya dilarang memberi uang kepada pengemis di perempatan jalan mungkin karena semakin maraknya pengemis di perempatan jalan kemudian kasus viral pengemis membawa uang jutaan di gerobaknya , pengemis memiliki rumah mewah di kampungnya dll, jd gitu deh...

Silahkan share ke teman teman anda

Jika menurut anda ini bermanfaat !

Demikian sedikit tulisan mengenai Hal Kecil yang Bikin Bisnis Anda Bangkrut

Jika artikel ini bermanfaat silahkan di share !!!

Jika ada kritik dan saran silahkan tulis di kolom komentar !!!

0 Response to "Hal Kecil yang Bikin Bisnis Anda Bangkrut"

Posting Komentar