Advertisment

Jangan Pelit Memberi Jatah Belanja Istri


Jangan Pelit Memberi Jatah Belanja Istri

Dalam berumah tangga anda mungkin pernah mengalami keadaan seperti ini, menjadi suami dengan penghasilan kecil , pas pasan bahkan untuk nabung saja susah, untuk menyisihkan uang susah, uang selalu habis untuk makan dan biaya bulanan. Selalu saja ada pengeluaran tidak terduga yang membuat uang lari entah kemana. Gaji selalu habis mengalir tanggal 1 gajian langsung kempes pes kering kerontang bak air di gurun gersang nan tandus.

Ceritanya mirip mirip seperti ini......Suatu ketika si Painem minta jatah belanja ke suaminya.

"Mas, uang belanja udah habis nih.."

Seketika, Paijo, suami Painem merogoh kantong celananya dan memberikan beberapa lembar duit..

"Cuma lima belas ribu, Mas???" Kata Painem sambil menatap tiga lembar lima ribuan yang diberikan suaminya sebelum dia berangkat kerja.

"Adanya segitu!!." Sahut Paijo dengan kecut.

"Dapat apa uang segini?" protes Painem..

"Beli ayam kan dapet," jawabnya sambil mengeluarkan motor.

Si Painem pun nampak hanya mengelus dada, tapi bukan dada ayam. dadanya sendiri (Sabar)

Sepulang kerja Paijo langsung menuju ke dapur untuk santap malam karena terasa perut lapar. Tetiba, Paijo memprotes istrinya..

"Mah! Ini sayur gak dikasih garam apa? Hambar begini!!"

Painem yang sedang berada di dapur nampak tersenyum. Berjalan santai ke meja makan sambil membawa piring berisi nasi untuk makan anaknya.

Baca Juga : Balada BH Miring

"Gak ada sambel? Cuma sayur bayam sama ikan asin?" protes Paijo lagi.

"Cabenya abis, Mas. Sambel kalau gak pake cabe, emangnya mau?"

Paijo menggerutu pelan. "Terus, ini bayam kenapa hambar begini? Lupa gak dikasih garam apa gimana?"

"Garamnya abis, Mas. Mau beli ke warung, gak ada uang."

"Masa beli garam aja gak bisa. Harga garam berapa, sih?"

"Garam sih harganya gak seberapa, Mas. Tapi uang yang Mas kasih udah abis. Noh anakmu. Kalau ada tukang sayur aja langsung borong jajanan."

Painem berdecak.

"Udah mas, celupin aja itu ikan asinnya ke sayur, ntar sayurnya juga asin sendiri."

Sepertinya Paijo melakukan apa yang dikatakan Painem, namun makan dengan wajah ditekuk.

Paginya harinya, Paijo yang sedang santai melihat tukang sayur lewat rumahnya..
"Mah! Ada tukang sayur tuh!" teriak Paijo dari depan.

"Ya!" balas Painem dan segera beranjak dari cucian.

"Mau beli sayur apa?" tanya Painem padanya yang sedang merokok di kursi ruang tamu.

"Ikan lele kalau ada. Sama pete disambel."

Baca Juga : Jangan Berputus Asa dari Rahmat Allah

"Oke."

Beberapa menit kemudian.

Mas Bayarin tu Katanya sambil membawa belanjaan di hadapannya.

Berapa?"

"95 ribu."

"Edan! Belanja apaan abis segitu banyak!!."

"Ya liat aja sendiri. Udah, mana uangnya. Tukang sayurnya mau keliling lagi tuh." Painem sambil menyodorkan tangan.

"Bangkrut gua!" grutunya tapi tetap saja mengeluarkan uang 100 ribu.

"Kok semua dibeli begini, sih? Gak kira-kira kalau belanja," Paijo ngomel saat Painem kembali masuk.

"Mas … memangnya mau, masak ikan lele dibakar tanpa bumbu? Mbokya sekali-kali main ke dapur. Lihat apa saja yang gak ada. Minyak, bawang merah, bawang putih, cabe, garam, banyak! Jangan kok rokok aja yang dibeli. Emangnya anak istri suruh ngerokok juga? Padahal harga rokok lebih mahal. Kalau aku ikut ngerokok juga, bisa lebih tekor sampean, Mas!"

Kesal melihat istrinya yang katanya boros, Paijo pun mlipir keluar rumahnya, pergi ke sungai mancing ikan.

Nasehat yang bisa di petik dari cerita diatas adalah : Ketika suami pelit terhadap istrinya, sesungguhnya dia sedang dengan sengaja menutupi rejekinya sendiri.

Sesungguhnya dibalik kesusahan pasti ada kemudahan

Banyak banyak sedekah InsyaAllah rejeki akan semakin dibukakan dari pintu manapun.

Jangan Lupa ilmu DUIT ( Doa Usaha Iktiar Tawakal )

Beruntung jika anda memiliki penghasilan yang tetap apalagi lebih lebih, bisa memiliki rumah, mobil dan kemewahan yang anda inginkan, anda pasti bilang mau kaya ya kerja keras. Tapi anda mungkin lupa yang memudahkan rejeki anda juga Allah , anda bisa kaya juga karena ditolong Allah, dimudahkan Allah tapi anda sering lupa dan cuma bilang hasil kerja keras anda. Jadi Syukuriah apa yang anda miliki insyaAllah Allah akan menambahkan rejeki orang orang yang bersyukur.

 Demikian sedikit tulisan mengenai Jangan Pelit Memberi Jatah Belanja Istri

Jika artikel ini bermanfaat silahkan di share !!!

Jika ada kritik dan saran silahkan tulis di kolom komentar !!!


0 Response to "Jangan Pelit Memberi Jatah Belanja Istri"

Posting Komentar