Advertisment

Pengertian, Manfaat, dan Etika Menulis Guest Post di Website Orang Lain


Pengertian, Manfaat, dan Etika Menulis Guest Post di Website Orang Lain

Pengertian Guest Post

Guest Post adalah suatu tulisan yang dibuat oleh penulis blogger kemudian ditampilkan atau di publish di blog orang lain. Biasanya disebut posting tamu / sebuah website membuka peluang bagi anda untuk dapat mem-posting sebuah artikel ke website tersebut. Posting artikel tersebut pada setiap website memiliki syarat dan ketentuannya sendiri sendiri. Ada yang harus berbayar dan ada pula yang Gratis, namun tetap sesuai dengan tema/ niche website tersebut.

Guest Post secara etimologi merupakan gabungan dari kata Guest yang berarti Tamu dan Post yang artinya Posting. Hal ini berarti Anda dapat memposting sebuah artikel ke website tersebut sesuai dengan syarat dan ketentuan yang dibuat oleh pemilik website. Namun tidak semua blog membuka peluang tersebut, maka dari itu anda harus cermat melihat apakah ada peluang untuk dapat melakukan Guest Post di website tersebut dengan mengirim email atau melihat halaman website khusus yang menjelaskan mengenai advertise / guest post. Jika anda berminat menjadi GuestPost di website ini anda bisa mengirimkan tulisan anda ke kirimartikel[@]yahoo.com , GRATIS, tidak dipungut biaya seperserpun, artikel minimal 500kata dan tidak mengandung unsur SARA maupun SARU. Artikel yang lolos seleksi akan segera dipublish di website kirimartikel.com



Manfaat Guest Post

manfaat Guest Post bagi yang posting artikel adalah

    Mempromosikan Brand / Bisnis
    Meningkatkan Popularitas
    Mendapatkan Backlink Berkualitas
    Meningkatkan DA - PA
    Meningkatkan Brand Awareness
    Meningkatkan Pengunjung Website
    Memperluas Sektor Pasar
    Meningkatkan Ranking Kata Kunci
    Meningkatkan Omset Bisnis

manfaat  Guest Post bagi pemilik website adalah

    Mendapatkan Artikel Terbaru
    Meningkatkan Pengunjung
    Meningkatkan Popularitas
    Meningkatkan Sektor Pembahasan
    Meningkatkan Penghasilan
    Meningkatkan Relasi Bisnis

Etika Menulis Guest Post

Etika Umum dalam Menulis Guest Posting di Website orang adalah:

1. Perhatikan topik yang diminta oleh host

Sebelum mulai menulis, ada baiknya lihat dulu topik apa saja yang ada dalam blog host.

Cara tahunya gimana?
Coba cari kategorisasi dalam blognya. Ada kan, misal parenting, resep masakan, tutorial dan seterusnya. Nah, dari situ kita bisa lihat topik apa saja yang ditulis oleh host.

Jadi kita harus menulis dalam topik yang ada dalam blog host ya?
Diusahakan begitu. Kalaupun ternyata topik blog host tak sesuai dengan topik yang biasa kita tulis, kita bisa kok menyiasatinya. Misal nih, kita biasa nulis kulineran, sedangkan host punya kategori bahasan film. Nah, kita bisa tuh nulis film-film yang topiknya kuliner. Banyak kan? Jadi memang tergantung kreativitas kita tuh, untuk nge-mix adonan topik.


2. Tanyakan berapa link yang diperbolehkan dalam satu artikel guest blogging

Tanyakan pada host, berapa link minimal dan maksimal yang diperbolehkan dalam satu artikel guest posting. Kalau blogger luar sana sih kebanyakan memperbolehkan ada 4 link dalam body artikel yang menuju ke blog kamu. Nah, supaya lebih clear, ada baiknya ditanyakan dulu. Masing-masing host punya toleransi sendiri-sendiri soalnya.

3. Hormati boundaries dan perhatikan disclaimer host

Meski kita pinter nge-mix topik, tapi juga harus menghargai policy host. Misalnya nih, host tidak menginginkan postingan yang berhubungan sama minuman keras. Maka jangan menulis mengenai topik tersebut, meski sudah dimix dengan topik lain. Jadi, tanyakan apakah ada batasan topik? Apakah ada bahasan tertentu yang 'terlarang' untuk dibahas di blog host?

4. Bring your personality.

Jangan karena kita menulis di website lain atau di blog orang, lantas kita meninggalkan 'identitas' kita. Jangan ya. Tetaplah menulis sebagai dirimu sendiri. Yang biasa ngocol ya ngocol, yang biasa serius ya serius. Tetap pertahankan apa yang menjadi ciri khas tulisan, mau kayak apa pun akan membawa 'angin segar' untuk blog host.

5. No plagiarism!

Ini jelas banget! Tulisan kamu harus original, dan belum ditayangkan di blog kamu. Ini, selain menghindari kena hukuman Google karena double content, juga penting untuk memperlihatkan bahwa kamu menghargai blog milik host. Siapa sih yang mau menerima 'tulisan bekas'? Nggak ada.

Begitu juga dengan ilustrasi atau image yang kita pakai dalam artikel guest blogging. Kalau dalam tulisan kita ada image-image yang kita ambil atau comot dari website lain, jangan lupa untuk menyertakan link sumber image tersebut ya. Saya sendiri nggak mentolerir image comotan tanpa sumber :) Nggak bagus buat citra blog.

6. Promote!

Nah, setelah tulisan guest posting kita dipublish oleh host, promosiin dong :D Kan biar banyak yang baca. Biar host juga ngerasain 'angin segar' yang kita bawa :D Ini kan simbiosis mutualisme. Jadi ayo ayo, promosikan ke semua medsos yang kamu punya.


7. Balas komen

Dan, setelah dipublish, ada baiknya dalam beberapa hari sekali kita sempatkan waktu untuk mengecek apakah ada komen yang masuk menanggapi artikel kita tersebut. Kalau ada, segera balas komen itu. Yaaa, kurang lebih perlakukanlah seperti kalau ada komen yang mampir ke blog kita sendiri.

Demikian sedikit tulisan mengenai Pengertian, Manfaat, dan Etika Menulis Guest Post di Website Orang Lain

Jika artikel ini bermanfaat silahkan di share !!!

Jika ada kritik dan saran silahkan tulis di kolom komentar !!!

0 Response to "Pengertian, Manfaat, dan Etika Menulis Guest Post di Website Orang Lain"

Posting Komentar