Tips Merawat Motor Tua Honda C70 Agar Tidak Sering Mogok


Tips Merawat Motor Tua Honda C70 Agar Tidak Sering Mogok

Memiliki motor tua memang sebuah kebanggan tersendiri apalagi motor masih dalam keadaan yang orisinil asli belum ada rombakan atau modifikasi sehingga masih terjaga keasliaannya seperti saat pertama kali dibeli. Cerita saja ada loh yang katanya beli motor dulunya cuma buat koleksi kilometernya masih 0 trus cuma dinyalakan di tempat aja, tiap pagi, diangetin kayak sayur, trus cerita punya cerita tahun berganti ternyata motor tersebut harga jualnya justru malah berkali kali lipat. Apa istimewanya?? ternyata istimewanya adalah motor tersebut 

1. masih orisinil
2. masih 0 kilometer
3. kondisi motor terawat dan bisa jalan alias suara mesin mulus.

Nah apakah anda termasuk penggila motor klasik seperti diatas??? saya rasa bukan karena hanya orang orang tertentu saja yang sanggup melakukan hal diatas. Punya motor ga dipakai tapi cuma diangetin tiap pagi, sedikit gila dan ga tau apa maksudnya namun setelah dengar ceritanya pasti anda bisa merasa bahwa ini orang sabar dan telaten banget merawat motor sampai segitunya hahahaha...

Ok saya akan bagikan Tips Merawat Motor Tua Honda C70 Agar Tidak Sering Mogok diantaranya:

1. Busi Harus Dalam Kondisi Bagus dan Nyala


Busi memang bagian terpenting dalam proses perapian alias menyalakan mesin, pada gambar diatas kita dapat membandingkan mana busi yang bagus dan mana busi jelek.  untuk mengetahui apakah busi motor sehat atau tidak cukup dilihat dari warnanya, antara lain:

1. Warna elektroda kecokelatan atau merah bata. Tandanya pembakaran optimal. Anda tak perlu khawatir.

2. Warna elektroda menghitam. Tanda campuran udara dan bensin tidak seimbang. Lebih banyak bensin. Efeknya, konsumsi bahan bakar meningkat, alias boros.

3. Warna elektroda memutih. Tanda jika campuran udara dan bensin lebih banyak udaranya. Efeknya, motor akan lebih cepet panas. Jika terjadi hal itu tidak baik untuk daya tahan komponen di dalam mesin. Jadi cepat rusak

4. Warna elektroda hitam dan dipenuhi oli. Ini tidak baik, sebab indikasi oli masuk ke ruang bakar karena ring piston sudah jelek atau liner piston yang sudah baret. Oli yang ikutan terbakar akan membuat motor menghasilkan knalpot asap putih.

Nah jadi ciri2 busi jelek sudah jelas ya...warna hitam, basah, pada bagian celah elektroda sering terdapat kotoran alias upil (ini sebutan para montir untuk kotoran pada busi alias businya ngupil jadi percikan listrik nya terganggu).

Cara cek apakah busi motor masih nyala atau tidak adalah
tempelkan busi pada block motor kemudian slah atau starter jika timbul percikan /loncatan listrik pada elektroda ujung busi berarti busi masih bisa menyala namun jika percikannya kecil bahkan tidak memercik berarti busi mati. Ganti dengan busi baru agar motor anda bisa berjalan dengan baik.

2. Servis Rutin Karburator agar Tetap Bersih 


Karburator adalah sebuah alat yang berfungsi untuk menyuplai bahan bakar kedalam silinder atau ruang pembakaran, bahan bakar yang di tiupkan oleh karburator sudah tercampur udara ketika sirkulasi bahan bakar dadlam karbu sebelum di tiupkan kedalam ruang pembakaran. Oleh karena itu suplai udara terhaddap bahan bakar pada karburator sangat mempengaruhi hasil pembakaran, apabila udara kurang atau terlalu banyak maka akan mengganggu proses penciptaan daya ledak pada ruang pembakaran, oleh karena itu dalam mengatur suplai udara pada karbu harus tepat sesuai kebutuhan pada ruang pembakaran.

Pembersihan karburtor dengan bendin dan kuas sudah menjadi tugas rutin montir setiap kali servis motor. pastikan karburator bersih dari kotoran , kerikil, debu debu agar bensin bisa mengalir dengan lancar dan tidak ada penyumbatan. gunakan pelumas dan semprot bagian spuyer agar karbu bersih.


Cara mengatur suplai udara pada spuyer karburator yaitu :

Nyalakan mesin, dan perhatikan suara mesin dengan baik.
Putar setelan stasioner sampai keputaran tertinggi, sampai kondisi mesin bergetar.
Putar setelan angin karburator keputaran tutup, biasanya putaran mengarah ke kanan sampai terasa hampir tiak ada suplai angina pada karbu. (biasanya mesin terus mati)
Setelah itu putar kembali setelan angin ke arah buka atau kiri sampai mendapatkan suplai udara yang pas, ini bisa kita rasakan pada suara mesin.
Kemudian turunkan putaran stationer ke putaran mesin yang anda inginkan, sesuai selera. (ini akan mempengaruhi tarikan laju kendaraan


3. Pastikan Block Mesin Tidak Bocor ,karet block dalam kondisi yang bagus.


Motor tua identik dengan oli bocor, pastikan tidak ada oli yang tumpah saat anda menstandarkan motor anda. jika ada oli yang bocor maka anda wajib cek apakah kebocoran tersebut karena karet block pada mesin anda sudah tidak layak. Jika tidak layak maka anda wajib ganti sparepart karet block mesin tersebut dengan yang baru agar tidak ada kebocoran oli lagi.

4. Rutin Ganti Oli Setiap Bulan



Agar Mesin honda c70 awet dan bisa bertahan untuk dijalankan dari tahun ke tahun anda wajib ganti oli atau rutin ganti oli tiap bulan dan pastikan anda menggunakan oli standart misalnya federal oil. dengan penggunaan oli standar yang original anda memastikan mesin anda berjalan dengan pelumasan yang maksimal. jangan gunakan oli abal abal , kaleng kaleng, oli bekas, apalagi oli palsu yang ada malah motor anda jadi rusak.

Demikian sedikit tulisan mengenai Tips Merawat Motor Tua Honda C70 Agar Tidak Sering Mogok

Jika artikel ini bermanfaat silahkan di share !!!

Jika ada kritik dan saran silahkan tulis di kolom komentar !!!


0 Response to "Tips Merawat Motor Tua Honda C70 Agar Tidak Sering Mogok"

Posting Komentar