3 Parameter Dasar Beriklan Melalui Facebook Ads


3 Parameter Dasar Beriklan Melalui Facebook Ads

Apa itu Facebook Ads atau FB ADS itu ?

Facebook Ads adalah fitur yang ditawarkan oleh Facebook untuk mempromosikan atau mengiklankan FanPage dengan jangkauan yang berbeda dan dapat diatur oleh pemasang iklan.

Apa Kelebihan Facebook Ads?
Kelebihan fb ads adalah kita sebagai pengiklan bisa mengatur target pasar yang ingin kita inginkan seperti wilayah geografi, gender atau jenis kelamin, umur, hal yang disukai, status pernikahan, pendidikan, dll. Mengapa itu merupakan kelebihan? karena hal tersebut membuat iklan yang dibuat menjadi lebih spesifik, efektif dan tepat pada sasaran.



Beberapa kali saya sering ditanyain soal Facebook Ads. Tapi saya lebih milih untuk tidak banyak bicara, karena ilmu saya di Facebook Ads yang masih sangat terbatas sekali , masih newbie. Itu kenapa saya cukup sadar diri untuk tidak ngomongin soal Facebook Ads terlalu banyak.



Kalau beriklan di FBADS sebenarnya sudah Gak boncos aja udah syukur alhamdulillah

Tapi saya ingin share sedikit, khusus buat yang masih pemula saja ya.



Apa arameter Dasar Beriklan Melalui Facebook Ads ???

Setidaknya ada 3 parameter "dasar" yang harus diperhatikan dalam beriklan di Facebook, antara lain:

  1. Target pasar
  2. Ads copy
  3. Copywriting

Salah nentuin target pasar? Ya iklan anyep aja maksudnya anyep itu kurang menghasilkan tidak ada closing.

Ads copy jelek? CTR ke iklan bakal rendah. Sudah tau CTR belum? CTR adalah Click Through Rate yaitu  bilangan yang digunakan untuk menghitung rasio klik dari setiap iklan yang ditampilkan.

Contoh CTR gimana mas? contohnya Jika iklan A tayang 1000kali dengan klik 100kali, maka CTR nya adalah 10%

Copywriting di landing page jelek? Konversi juga bakal jelek. Apa itu Konversi? Konversi adalah dorongan orang untuk membuka website setelah melihat iklan anda. hingga melakukan transaksi pembelian produk.


Ada sedikit trick nih untuk meningkatkan konversi penjualan, kita dapat mentargetkan kepada list email yang kita miliki. atau yang sudah menjadi lead. Facebook sebenarnya juga sudah mendukung untuk melakukan hal ini dengan menggunakan Fitur Custom Audience.

Jadi emang ribet bro, ribet mainan social media marketing tuh. Ilmu yang musti dipelajari gak cuma 1-2 biji. Kalau analogi yang sering saya pakai, Facebook ads itu kaya jurusan di sekolah.

Misal nih IPA, ya berarti musti bisa kimia, fisika, biologi, dsb buat bisa disebut ngerti IPA.

Nah di FB Ads, kita musti paham juga banyak hal. Mulai dari riset pasar, bikin ads copy yg menarik, bikin copywriting yang menarik, bikin landingpage yang menarik , gini-gitu dan sebagainya.

Ribet? Ya emang ribet.

Belum lagi ntar pelajarin soal lookalike, retargeting, piksel dan tetek bengek lainnya.

Serius beriklan di facebook tidak semudah yang kalian bayangkan, salah salah kalian bisa boncos malahan. boncos itu apa? boncos ya rugi, uang habis buat ngiklan tp closing minim alias tidak sesuai dengan harapan. Untuk itu harus belajar pada ahlinya harus banyak membaca dan belajar mengenai ilmu beriklan di facebook ads terlebih dahulu sebelum memulai action.

Demikian sedikit tulisan mengenai  3 Parameter Dasar Beriklan Melalui Facebook Ads

Jika artikel ini bermanfaat silahkan di share !!!

Jika ada kritik dan saran silahkan tulis di kolom komentar !!


0 Response to "3 Parameter Dasar Beriklan Melalui Facebook Ads"

Posting Komentar