5 Hal yang Perlu Dipersiapkan Saat Akan Membeli Rumah


5 Hal yang Perlu Dipersiapkan Saat Akan Membeli Rumah
#kpr #rumah #investasi #DP0


Segala hal yang ingin Anda kerjakan itu harus melalui 1 proses yang namanya PERSIAPAN

Anda mau makan saja ada persiapan kan, ambil piringnya, ambil nasinya, ambil lauknya, ambil sendoknya, doanya..

Apalagi kalau mau beli rumahhh...

Kesalahan besar banget kalau gak ada persiapan yang matang dan "asal jalan". Kalau tiba-tiba salah satu faktor di bawah ini membuat Anda gak bisa tinggal di rumah tersebut, yang repot kan bukan Saya.

Apa aja sih yang perlu di persiapkan? nih baca yaaa..

   1. Finansial, ini menjadi hal yang paling penting. Anda akan dihadapkan kepada putusan beli cash atau kredit. Jika Anda beli cash, pastinya Anda harus menyiapkan uang dari jauh-jauh hari sehingga saatnya Anda membeli rumah, uang tersebut sudah siap. Perhatikan jika harga pasar tiap tahun properti yang Anda incar. Jika Anda melakukannya dengan cara kredit, Anda perlu mempersiapkan juga untuk uang DP sebesar 10-20%, lalu dilanjutkan dengan pembiayaan dari bank. Jangan lupa Anda juga masih membutuhkan uang untuk mengisi perabotan rumah Anda.

    2. Akses yang mudah. Anda pasti tidak ingin kalau mau pulang saja susah banget sampainya. Misalnya Anda pilih di gang kecil sekali dan lalu lalangnya juga padat. Di jalanan sudah macet, di gang pun macet, bisa stress. Ya maka itu, pilih akses yang mudah biar tidak jadi halangan Anda.

Anda juga harus melihat akses yang dilalui. Jangan sampai di google maps terlihat dekat, tapi ternyata akses yang ditempuh jauh dan memakan waktu. Maka dari itu, sebelum melakukan keputusan untuk membeli atau menyewa, luangkan waktu di hari kerja dan waktu tidak kerja agar terlihat seperti apa akses yang dilalui.

Baca Juga : Beli Rumah dari Gaji Bisa ?

    3. Lingkungan, ini akan berdampak kepada kesehatan psikis dan fisik keluarga. Lingkungan ini bisa karena faktor manusia, dan bukan manusia. Seperti, apakah ramah lingkungan, jauh dari SUTET, tersedianya resapan air yang cukup, pembangunan ruang terbuka hijau, sampah yang terorganisir, dan lain-lain.

Jangan dekat kuburan, karena properti yang berada di dekat kuburan, memang tidak menjadi favorit untuk banyak orang. Dan jika properti yang dibeli berdekatan dengan kuburan, ini bisa mengakibarkan kesulitan untuk dijual kembali.

Cari daerah berkembang, jika Anda membeli properti dengan tujuan untuk berinvestasi, maka carilah daerah yang berkembang. Yang di kategorikan sebagai daerah yang berkembang adalah jika satu komplek sudah terisi sebanyak 40% KK.


    4. Sesuai kebutuhan, jika Anda berencana memiliki sebuah keluarga dengan 2 orang anak, pilihlah rumah yang memiliki 3 kamar tidur. Hal ini juga berpengaruh terhadap jenis rumah yang akan Anda beli. Apakah rumah yang dibeli adalah rumah tipe minimalis atau mewah, tradisional atau modern, rumah di perumahan yang bentuknya seragam atau yang bisa diubah sesuka hati Anda.

    Jarak dari rumah ke kantor/tempat usaha, pertimbangkan juga untuk hal ini, jangan karena jauhnya perjalanan atau sulitnya rute membuat Anda juga kesulitan dalam membangun masa depan finansial Anda.

Nah itu dia hal-hal yang perlu Anda perhatikan, masih banyak hal detail lain yang juga perlu Anda lihat. Namun dari panduan ini, Anda bisa untuk mengkategorikannya kembali menjadi hal-hal yang lebih detail sebelum Anda memutuskan membeli rumah tersebut.

Baca Juga : Beberapa Alasan Mengapa Anda Sulit Membeli Rumah

Demikian sedikit tulisan mengenai 5 Hal yang Perlu Dipersiapkan Saat Akan Membeli Rumah

Jika artikel ini bermanfaat silahkan di share !!!

Jika ada kritik dan saran silahkan tulis di kolom komentar !!

0 Response to "5 Hal yang Perlu Dipersiapkan Saat Akan Membeli Rumah"

Posting Komentar