Advertisment

Cara Menguji Kejujuran Pegawai



Cara Menguji Kejujuran Pegawai

Konon Bung Hatta pernah berkata, "Kurang cerdas dapat diperbaiki dengan belajar, kurang cakap dapat dihilangkan dengan pengalaman. Namun tidak jujur sulit diperbaiki."

Ketidakjujuran itu penyakit, termasuk dalam bisnis. Ketidakjujuran dalam sebuah tim bisnis, lambat laun bisa merusak perusahaan yang menjadi tempat mencari nafkah banyak orang.

Lalu bagaimana cara menguji kejujuran anggota tim?

Ada satu trik yang biasa dilakukan oleh supervisor keuangan tempat dulu ibu saya bekerja dalam menguji staff keuangan yang baru bergabung. Caranya dengan meminta staff baru tadi untuk masuk ke ruangan kosong lalu menghitung ulang setumpuk uang yang dikatakan jumlahnya (misal) 1jt padahal di dalamnya ada 1,1jt.


Kalau si staff melaporkan ada kelebihan 100rb, maka teruji kejujurannya. Tapi kalau ia mengatakan jumlahnya pas, tidak lama lagi ia pasti dikeluarkan.

Coba suruh karyawan anda untuk beli perlengkapan dll, minta nota nya ke toko ybs. Selang beberapa hari, coba kita ke toko itu cek harga. Atau bisa via telpon.. Agak ribet tapi bisa benar2 ngetes kejujuran pegawai. Kalau dia sudah berani membuat nota palsu sudah bisa dipastikan dia tidak jujur dan pecat saja pegawai yang seperti itu.

Tes kejujuran itu tidak melulu uang ya. misalnya pancing aja karyawan baru pakai spg yg cantik kalo dia udah nikah ngaku single dia udah ga jujur. kalo dia masih dapet nomor whatsApp atau W.A  nya berarti dia ada mau nya kwkwkwk.

Tidak melulu soal uang, misal coba aja tu karyawan baru waktu berangkat kerja godain pakai tetangga yg bahenol, kalo dia berangkat telat ngaku ban nya bocor udah pasti dia bohong. ga melulu uang. tes aja misal akan dilakukan pengangkatan jabatan misal dia tiba2 jd rajin dan suka menjilat dalam arti selalu mendekati atasan dengan berbagai cara bisa dipastikan karyawan itu gila jabatan hahaha


Tes kejujuran tidak melulu uang, misalnya kuli bangunan yang gajinya dihitung upah harian, jatah target mengerjakan harus jadi 1 bulan nah kalo molor jadi 2 bulan itu saja sudah tidak jujur dalam arti mereka pasti korupsi waktu entah kerjanya males malesan atau kerja tapi di lambat lambatin supaya dapat bayarannya lebih dihitung dari lamanya bekerja.

Itu salah satu cara menguji kejujuran pegawai. Barangkali anda punya trik lainnya? silahkan tulis di kolom komentar untk menambahkan trik lainnya ya!!!

Demikian sedikit tulisan mengenai Cara Menguji Kejujuran Pegawai

Jika artikel ini bermanfaat silahkan di share !!!

Jika ada kritik dan saran silahkan tulis di kolom komentar !!!

0 Response to "Cara Menguji Kejujuran Pegawai"

Posting Komentar