Ini Pondasi Bisnis yang Harus Anda Tau


Ini Pondasi Bisnis yang Harus Anda Tau

Terkadang kita memikirkan bisnis sebagai sesuatu yang rumit. Ketika akan memulai bisnis, kita dipusingkan dengan mencari produk yang akan dijual, produksi, stok barang, lokasi, dll.

Pondasi Bisnis itu bukan hanya Pondasi diri / Pondasi kekayaan yang perlu dibina sejak Muda misalnya seperti
  1. Mindset
  2. Network
  3. Habits
  4. Knowledge
  5. Finances
Mungkin malah ada yang membahas 9 Pondasi bisnis agar bisnis anda sukses misalnya
  1. Customer Segment
  2. Value Proposition
  3. Channels
  4. Customer Relationship
  5. Revenue Stream
  6. Key Resources
  7. Key Activites
  8. Key Partenerships
  9. Cost Structure
Tidak saya tidak akan menerangkan itu semua. Pondasi inti dan hal yang paling mendasar dari bisnis adalah memecahkan masalah yang ada.

Setelah menemukan masalah untuk dipecahkan, Anda bisa tawarkan produk atau jasa Anda sebagai solusi untuk memecahkan masalah tersebut.

Dengan begitu produk Anda akan diserap dan diterima lebih baik. Coba bandingkan jika Anda sudah susah payah mencari produk untuk dijual, ternyata market yang Anda bidik tidak butuh produk Anda. Capek deh.


Beberapa tahun yang lalu bisnis print on demand yang saya bangun berawal dari hasrat saya sebagai anak muda yang selalu ingin eksis dan tampil beda.

Jadi sebelum memulai bisnis, tentukan dulu target market yang akan Anda tuju, lebih spesifik lebih baik. Jika Anda bermain di red ocean yang sudah banyak kompetitor, tawarkan value lebih yang membuat Anda berbeda dari yang lain.

Seperti kata Pandji di dalam materi stand upnya “Sedikit lebih beda lebih baik dibanding sedikit lebih baik.”

Beberapa waktu lalu viral di internet Jepang menjual coca-cola bening, milk tea bening, kopi bening seperti air putih. Produk minuman yang umumnya berwarna pekat entah bagaimana caranya dibuat menjadi bening.

Keunikan itulah yang membuat orang penasaran dan ingin mencoba. Sama halnya dengan bisnis print on demand. Bisnis ini menjual keunikan yang dimiliki oleh setiap orang yang ingin tampil beda.


Istilahnya menjual produk yang gue banget gitu.

Sebagai contoh bisnis kadokita yang dulu bisa cetak gambar di mug sesuai selera anda sebagai kado hadiah ulangtahun dll. Bisnis ini tentu unik bukan bisa cetak foto pacar di mug atau gelas misalnya. atau mungkin bisnis sablon kaos desain sendiri bisa pesan satu potong saja.

Bisnis tersebut termasuk bisnis  yang memecahkan masalah yang ada, masalahnya saya ingin foto pacar saya ditempel di muk kemudian ditulisin Happy birthday nah berarti itu kan menyelesaikan masalah bukan?
Sekarang bagaimana dengan anda sudahkan memiliki bisnis yang unik? dan menyelesaikan masalah orang?

Demikian sedikit tulisan mengenai  Ini Pondasi Bisnis yang Harus Anda Tau

Jika artikel ini bermanfaat silahkan di share !!!

Jika ada kritik dan saran silahkan tulis di kolom komentar !!

0 Response to "Ini Pondasi Bisnis yang Harus Anda Tau"

Posting Komentar