Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia Bukan Tempat Mencari Modal



Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia Bukan Tempat Mencari Modal

Di suatu siang yang lalu saya ngobrol dengan seorang kenalan baru. Entah bagaimana ceritanya, obrolannya belok ke KPMI (Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia).

Kenalan saya ini kemudian bertanya, "Apa sih manfaatnya KPMI?"

"Ya untuk belajar bisnis yang syar'i sambil membangun networking mas.." jawab saya.

"Bukan gitu, maksud saya barangkali dari KPMI saya bisa dapat modal. Sekiranya saya perlu modal untuk usaha, peranan KPMI bagaimana?"

Saya cuma tersenyum kecut.

Baca Juga :  Rejeki Tidak Akan Tertukar

Selalu ada saja yang ingin gabung ke KPMI untuk mendapatkan modal usaha. Seolah-olah KPMI itu kumpulan orang kaya yang loman dan sedang menunggu-nunggu kapan datangnya orang yang butuh modal.

Alih-alih jawab, beliaunya saya tanya balik, "Keluarga besar njenengan tentu ada yang hidupnya berkecukupan kan?"

Dia mengangguk.

"Nah, kenapa nda minta modal ke keluarga njenengan dulu? Kan mereka sudah kenal siapa njenengan. Lha kalau keluarga sendiri belum bisa percaya, apalagi orang lain?"

Dia tertawa.

Kemudian dia bertanya lagi, 

Tapi saya ada prospek kulakan komoditi kan ga bisa beli sedikit, perlu modal besar, gimana cara dapat modalnya dari KPMI?"

Sayang belum sempat saya jawab sudah keslimur urusan lain.

Tapi sekiranya sempat neruskan bakal saya jawab, "Oo.. tidak bisa."

Biasanya yang seperti ini muncul dari mindset akut. Bahwa tiap usaha butuh modal. Dan yang disebut modal adalah uang. Jadinya tiap ada prospek profit besar, yang selalu dipikir adalah siapa yang bisa kasih uang?

Padahal coba dibalik, sekiranya yang bersangkutan yang punya duit, apakah mau dengan mudahnya memberikan uang ke orang lain?

Tentu pasti ada pertimbangan matang. Mulai dari skillnya, kompeten tidak dalam bisnis itu, adakah pengalamannya. Kalau ada, bagaimana perjalanan bisnisnya selama ini? Belum lagi soal amanah tidaknya. Ataupun menilai proposal bisnisnya dan seterusnya.

Lha kalau ada orang yang tidak dikenal, tiba-tiba datang bergabung lalu meminta modal untuk prospek bisnis yang dia sendiri belum punya pengalaman, apa ada yang mau kasih modal?

Sungguh naif sekali kalau gabung dengan KPMI hanya untuk cari modal. 

Peranan KPMI bukan di situ., KPMI bukan bank tempat mencari pinjaman kredit , KUR, atau bukan juga Modal Ventura, lembaga non bank yang bisa dimintai pinjaman, bukan juga pinjaman online. jadi jangan mencari pinjaman di KPMI.

KPMI berfungsi untuk membina para pengusaha muslim agar berkualitas agama dan bisnisnya sehingga jadi kesatuan kuat dalam memperjuangkan kemaslahatan umat Islam dan memajukan perekonomian Indonesia.

Terdengar seperti teori saja?

InsyaAllah bukan. 

KPMI telah bertahun-tahun istiqomah memasyarakatkan kajian fikih muamalah. Beberapa kali diundang pula oleh pemerintah untuk membahas implementasi ekonomi syariah. Sementara di lingkup bisnis praktis, KPMI Surabaya telah menjembatani sinergi para anggotanya hingga bernilai milyaran rupiah. Alhamdulillah.

Sungguh rugi dan naif kalau bergabung hanya untuk cari modal belaka.



Demikian sedikit tulisan mengenai Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia Bukan Tempat Mencari Modal

Jika artikel ini bermanfaat silahkan di share !!!

Jika ada kritik dan saran silahkan tulis di kolom komentar !!

0 Response to "Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia Bukan Tempat Mencari Modal"

Posting Komentar