Solusi DataGrid Tabel Tidak Muncul Aplikasi dari VisualBasic 6.0



Solusi DataGrid Tabel Tidak Muncul Aplikasi dari VisualBasic 6.0
#tabelvb6.0 #tabelerror #TabelVisualBasic #errorDbGrid #DataGrid


Diantara para programer VB6.0 pasti ada yang sedang mencari artikel ini. sedang penasaran mengapa tabel tidak muncul saat aplikasi vb6.0 djalankan. mengapa tabel muncul di windows XP namun di windows7 tabel tidak muncul, dan pertanyaan pertanyaan sejenis yang mengganggu tidur para programer sekalian.

Pernahkah anda mengalami hal seperti ini? tabel Datagrid yang mengakses database berupa file .dbs dari microsoft exel ternyata tabel error tidak muncul? ya mungkin karena anda tidak menginstal MSADODC.OCX dan MSDATAGRD.OCX dengan benar.

Biasanya Tabel VB6.0 tidak terbuka di windows7 , mungkin karena OS win7 memang spesial agak susah di tembus registrynya rumit, lebih rumit dari windows XP , atau servis pack nya beda, dan pastinya biasanya di XP semua aplikasi dijalankan lancar termasuk aplikasi .exe build-an dari visual basic 6.0

Lalu gimana solusinya? ada yang menyarankan dengan menggunakan perintah CMD atau commond prompt mislanya:

Copy Paste File Pendukung berikut ke folder tempat aplikasi kasir pos anda berada.
MSADODC.OCX
MSDATGRD.OCX
cara register file pendukung:
copas MSADODC.OCX dan MSDATGRD.OCX ke C:\
cmd
cd\
regsvr32 /i MSADODC.OCX
tekan enter
regsvr32 /i MSDATGRD.OCX
tekan enter

Sebelumnya saya sudah tulis di artikel ini Mengatasi DBGrid VisualBasic Tidak Muncul di Windows7 dan ternyata memang belum sepenuhnya berhasil.

Dan masih tetap GATOT alias GAGAL TOTAL ... tabel pada aplikasi saat dijalankan belum juga muncul.

Lalu solusinya bagaimana??

Instal VisualBasic 6.0 , ya memang kalo diinstal vb6.0 di komputer tersebut dbgrid / tabel akan bisa dibuka dengan mudah tapi untuk apa menginstal program VB6.0 di komputer kasir ? kan hanya akan membebani memori komputer saja bukan?? dan memang tidak perlu diinstal, pasti ada trick lain

Solusinya adalah dengan membundel aplikasi anda dari package development bukan make to .exe saja. Caranya bagaimana? Klik Jendela - Klik ALL Program - Klik Visual Basic - Pilih Package Develop Wizard.

pilih Package and Development Wizard maka wizard utk pembuatan paket distribusi akan muncul seperti gambar dibawah ini.


Jangan lupa saat membundle package sertakan file file pendukung seperti database yang anda buat, jangan sampai anda lupa ikut membundle databasenya yah... Setelah anda bundle menggunakan fasilitas Package Develop Wizard maka hasilnya adalah seperti berikut:



File Support ternyata di dalamnya terdapat file file pendukung yang digunakan untuk mendukung aplikasi anda berjalan dengan baik. Ketika anda membagikan aplikasi ini anda harus membagikan semuanya tidak bisa hanya file setupnya saja ya. karena file setup itu fungsinya hanya menginstalkan ke system saja. agar file file yang ada di folder support bisa terkait dengan registry , terdaftar dengan system OS Windows anda.

Setelah anda gunakan diatas saya pastikan tabel DataGrid Tabel Bisa / berhasil Muncul saat Aplikasi dari VisualBasic 6.0 berjalan dengan lancar di komputer anda.

Demikian sedikit tulisan mengenai Solusi DataGrid Tabel Tidak Muncul Aplikasi dari VisualBasic 6.0

Jika artikel ini bermanfaat silahkan di share !!!

Jika ada kritik dan saran silahkan tulis di kolom komentar !!

0 Response to "Solusi DataGrid Tabel Tidak Muncul Aplikasi dari VisualBasic 6.0"

Posting Komentar