Advertisment

Trik Saya Berjualan di Pasar International



Trik Saya Berjualan di Pasar International

Sekarang kalau mau berjualan online ada banyak caranya. Saingan pun dimana-mana. Coba Anda lihat di Facebook atau di marketplace. Berapa banyak orang yang menjual produk serupa? Calon pembeli sekarang pun lebih suka barang yang murah dan berkwalitas. Walaupun sebenarnya barang yang seperti itu susah didapat, sebab ada rupa pasti ada harga.
‍‍
Bersaing dipasar yang berdarah-darah Anda akan susah dapat prospek, udah mirip-mirip di pasar traditional saya lihat. Yaitu, jumlah penjual lebih banyak daripada jumlah barangnya. 2 minggu yang lalu saya ketemu penjual di taman bermain anak-anak, mereka menawarkan barang yang serupa. Begitu ada pengunjung baru, mereka juga langsung berebut menawarkan barang dagangannya. Sampai-sampai saya pun bingung mau beli barang dari penjual yang mana?


Kejadian seperti itu pula lah yang terjadi pada jual-beli online sekarang ini. Semua pada sibuk menawarkan barang dagangannya, malah ada yang promosi juga dilapak orang lain. Sungguh, itu sangat memprihatinkan bagi saya. Selain rawan block, tipical penjual seperti itu juga tidak punya etika berjualan.

Nah, Justru karna situasi seperti itu pula lah saya mulai melirik International market sejak tahun 2013 sampai sekarang. Saya memutuskan untuk pindah haluan dan mulai menawarkan barang dagangan saya ke pasar international di seluruh dunia.

Pertama saya joint di group jual-beli online di Malaysia, begitu di approved saya pun bukalapak.
Tak lama kemudian ada yang nyamperin trus lanjut ke chit-chat dan akhirnya pun closing. Lalu saya pun kirim barangnya ke Malaysia. Tidak stop disitu saja. Saya pun memberanikan diri dan joint di group jual beli online di Amerika, Canada, Germany, Australia, Singapore dan beberapa negara lainnya.

Langkahnya pun masih sama, begitu di approved saya langsung bukalapak. Dan alhamdulillah ada juga yang nyamperin. Dan barangnya pun sudah saya kirim langsung ke negara tujuan. Selain minim saingan, saya pun bisa jual barang Saya dengan harga tinggi dan tentunya untung pun bisa berlipat-lipat. Karena saya jualnya dengan menggunakan mata uang Dollar.

Kalau Anda mau mengikuti jejak saya mungkin Anda tidak akan pernah pusing mau menjual barang dagangan Anda di negara mana. Cocok langsung bungkus saja dan kirim ke negara tujuan.

Nah, metode seperti yang saya terapkan tidak banyak orang yang tahu. Ada beberapa orang yang pernah coba-coba, namun karena mereka juga gak paham alurnya, terakhir jadinya auto muntaber (mundur tanpa berita). Namun untuk paham bagaimana tips dan trik serta strategi berjualan di international market sebenarnya simple saja.

‍‍‍‍‍‍ 
Nah, kalau teman-teman mau tahu cara saya menjual barang-barang di international market caranya yaitu:

1. anda HARUS PUNYA WEBSITE/TOKO ONLINE SENDIRI.



Selain anda sudah punya produk/jasa yang mau dijual,  tentunya anda harus punya WEBSITE/SITUS resmi usaha anda, Jika target market yang anda bidik adalah konsumen lokal dan International, maka disini anda harus punya situs sendiri, HARUS ya? Ya HARUS! aleas D-I-W-A-J-I-B-K-A-N. halah, saya ga ngerti dengan gitu-gituan, sah-sah aja anda bilang seperti itu, dan Anda mutlak tidak salah, Tapi sekarang teknologi sudah semakin maju, jika anda tidak mau mengikuti teknologi, maka teknologi  yang akan merubah anda, hahaha. SIMPLE dan sesederhana itu.

Jika anda punya toko online, Calon-calon buyer lebih muudah untuk memilih produk yang diinginkan oleh konsumen, Ibarat  anda menyewa 1 unit kios/toko untuk toko OFFLINE, nah diwebsite anda juga punya toko ONLINE yang otomatis bisa diakses 24 jam (ngalah-ngalahi Indo****t).

Dan ga pake tutup, ga pake karyawan, ga ada biaya Listrik/air, atau Biaya MARKETING UNMIX, hahaha. apa pula itu MARKETING UNMIX?

Dalam Menjual suatu Produk/jasa ada 4P  (MARKETING MIX) yang harus diawasi : PRODUCT, PRICE, PLACE, PROMOTION dan ada 4P ( MARKETING UNMIX) yang harus diwaspadai : PAJAK, PEMKO, POLISI, PREMAN, hahhaha! ada ada saja. #justforlaugh



Nah, Didunia online si  konsumen GA PAKE BANYAK TANYAK, jika DEAL anda hanya menerima laporan berbentuk invoice/faktur pembelian atas produk/jasa dari konsumen ke email anda, Dan yang lebih OKE lagi, PRODUK/JASA anda sudah dibayar LUNAS/CASH, tinggal anda proses paketnya dan kirim sesuai dengan negara tujuan, simple & praktis, Kok bisa! Ya bisa lah. namanya dia mau beli, anda jualan apa ga!. Lol ( sekiranya anda masih kurang paham tentang Bab 1 ini, Boleh kontak saya, macam Dosen Fakultas Ekonomi Jurusan JUAL-BELI . hehehhe)



2.  WORLDWIDE SHIPPING



Tenang! apa sih yang ga mungkin, Jika Calon buyer anda adalah Orang Luar Negeri, Maka anda tidak luput dari Kata WORLDWIDE SHIPPING, dan WE DELIVER OUR PRODUCTS ALL OVER  THE WORLD istilahnya anda Melayani pengiriman ke seluruh Dunia, tergantung Negara Tujuan si buyer. Mau dia dari Singapore, India, Arab, Canada, USA, etc. dan dengan WORLDWIDE  SHIPPING anda sudah bisa kirim2 keseluruh DUNIA man, Asyik2 JOSS, ya JOSS lah, Hari ini pembeli dari CANADA, besok dari Arab Saudi, lusa dari HONGKONG, dan seterusnya.



GIMANA CARANYA :

Eitss! slow down, kita jelasin satu-satu OKE :

Kalo kita kirim2 di lokal, mustahil kita ga tahu dengan perusahaan kurir yang namanya TIKI, JNE Express. Paham, sebaiknya anda paham.

Nah, jika hendak mau kirim2 paket ke International gmn? neh, Daftar jasa kurir/pengiriman International

1. DHL

2. FedEx

3. AIR MAIL/EMS

4. UPS

5. TNT



Tinggal dipilih sesuai dengan kebutuhan ya Gan.



3. METODE PEMBAYARAN



Dengan Menggunakan metode pembayaran yang paling aman dan paling diminati diseluruh dunia, maka  dalam Hal ini anda harus menggunakan metode pembayaran ( PAYMENT METHODS ) melalui :

a. PayPal

b. Westren Union

c, Debit/Credit card



Yah, gimana pula tentang Bab 3 ini???? saya kurang paham! Tenanggg, kan sudah saya bilang, DUNIA di ujung jari ANDA.

sebelum kita lanjut ke pembahasan yang paling VITAL yang mau  minum, ISHOMA, Kamar Mandi dipersilahkan.!



ARE YOU READY!!!



Oke, Kita lanjut.

Jika ANDA bergerak dalam bisnis jual beli baik secara offline maupun online, kita tidak terlepas daripada metode pembayaran. Pembayaran bisa dilakukan dengan Cash atau kredit. Lha!!! saya kan tidak melayani pembayaran secara Kredit Gan, iya saya tahu.



Oke kembali ke LAP TOP!



1. PayPal



Metode pembayaran yang satu ini adalah metode pembayaran yang paling diminati di seluruh dunia, karena paling aman dan cepat. ga percaya, coba lihat di www.amazon.com atau www.ebay.com



Untuk mendapatkan rekening ini, pertama anda harus registrasi dan buka rekening paypal anda secara online disini www.paypal.com

Paypal kan perlu verifikasi pake kartu Credit Gan, Sementara saya ga punya kartu kredit Gan? trus gimana caranya Gan.



Betul. setelah anda buka rekening anda  di paypal, anda perlu verifikasi pake kartu kredit dan siapkan data2 yang diminta oleh pihak paypal. biasanya akan dikirim via email anda. OKE



Jika anda tidak punya kartu kredit/ Credit Card, anda bisa pake VCC (Virtual Credit Card) untuk melakukan verifikasi.

Dan setelah verifikasi anda diterima, anda sudah bisa melakukan transaksi atas penjualan produk/jasa anda, HOREEEE!



Dan yang palinh OKE anda sudah bisa menerima pembayaran Debit/Credit Card berlogo VISA, Master Card, Discovery, American Express , or using any Bank cards over the internet. wuihhhh.. Keren Gan.



2. WESTREN UNION





Mengenai bab ini jika hanya saja sikonsumen memilih metode Pembayaran via WESTREN UNION.

Nah, yang ini gmn caranya Gan,



Oke! yang Ini jauh lebih simple, hanya dibutuhkan beberapa biodata anda sesuai dengan KTP/ SIM, sudah punya KTP kan, hehehhe



Caranya pengiriman uang via WESTREN UNION.

Biasanya sikonsumen akan meminta Biodata anda dan Anda juga berhak memintanya satu sama lain.

Jika pembayaran sudah dikirim, maka sikonsumen akan mengirim CODE bukti pengiriman Uang, Nah CODE ini nanti yang anda tunjukkan pada saat penarikan UANG atas penjualan barang. Trus Tarik UANGnya dimana gan, hahaha, LOL. Anda bisa lihat perusahaa-perusahaan yang bekerjasama dengan Westren Union, biar ga jauh-jauh Tarik di Indomaret aja. hehehhe.

Demikian sedikit tulisan mengenai Trik Saya Berjualan di Pasar International

Jika artikel ini bermanfaat silahkan di share !!!

Jika ada kritik dan saran silahkan tulis di kolom komentar !!

0 Response to "Trik Saya Berjualan di Pasar International"

Posting Komentar