7 Cara Pembayaran Online Shopping


7 Cara Pembayaran Online Shopping

1. Transfer melalui rekening Bank

Metode ini adalah metode yang paling sering digunakan ketika anda bertransaksi online. Namun seiring perkembangannya metode transfer ini sering disalahgunakan biasanya oleh oknum penipu, penjual yang menipu biasanya minta dikirim uang dahulu padahal barang yang dibeli tidak kunjung dikirim alias dibohongi, atau barang yang dikirim bukan barang yang dimaksud.

Cara melakukan metode pembayaran online melalui transfer rekening dapat dilakukan melalui :
  •     ATM
  •     Mobile Banking 
  •     SMS Banking
  •     Internet Banking
Adapun caranya biasanya penjual akan menyebutkan nomor rekening yang dituju, atas nama penjual (biasanya) kemudian pembeli diminta mentransfer sejumlah uang sesuai kesepakatan harga jual beli barang yang dimaksud.

Baca Juga : Cara Belanja di Tokopedia Bayar via Internet Banking

Penjual harus melakukan cek saldo rekening untuk memastikan transferan sudah masuk. Jika sudah penjual WAJIB mengirimkan barang pesanan pembeli ke alamat pembeli tersebut. Biasanya pembeli juga harus menanggung biaya administrasi jika rekening bank berbeda dengan penjual.


2. Rekening Bersama (Rekber)

Cara pembayaran sistem Rekber ini yang menjadi pihak ketiga adalah lembaga pembayaran yang telah dipercaya baik oleh pihak penjual maupun pembeli. Prosesnya yaitu pertama pembeli mentransfer dana ke pihak lembaga Rekber. Setelah dana dikonfirmasi masuk, lalu pihak Rekber meminta penjual mengirim barang yang sudah disepakati. Dan jika barang sudah sampai ditangan pembeli  baru dana tersebut diberikan pada sang penjual. Dengan sistem ini dana yang diberikan oleh pembeli bisa lebih terjamin keamanannya. Karena dananya hanya akan dilepas jika barang benar benar sudah di tangan pembeli. Biasanya cara ini dilakukan oleh Marketplace seperi shopee, tokopedia dan bukalapak.


3. Cara pembayaran online dengan kartu kredit

Metode pembayaran online menggunakan kartu kredit ialah yang paling mudah. belanja online menggunakan kartu kredit itu tinggal memasukkan nomor kartu kredit dan nominal nilai harga. Selain itu biasanya  harus memberikan Nama, Nomor telepon dan alamat yang sesuai dengan data kartu kredit. Penjual tidak memerlukan konfirmasi dari pembeli karena transaksi akan otomatis terverifikasi.

4. Cara pembayaran online dengan Paypal
Paypal ialah rekening online yang dapat digunakan untuk jual beli online, membeli barang atau menerima uang dari seseorang yang memiliki akun Paypal. Salah satu keuntungan Paypal adalah dapat di akses kapapun dan dimanapun. Paypal dapat mempermudah pemilik toko online untuk memberikan pilihan metode pembayaran kepada pembeli.

5. Cash On Delivery (COD
)

Cash On Delivery (COD) apa itu? Ketemuan lalu ada uang ada barang, alias ketemuan untuk saling bertransaksi. Jika anda sebagai pembeli ragu atau takut akan penipuan online. anda bisa menggunakan cara ini. Kelebihannya adalah anda tidak membutuhkan rekening, kekurangannya adalah anda harus jalan ke tempat janjian COD dengan pembeli tersebut.


6. Pembayaran di Minimarket

Akhir akhir ini berkembang cara pembayaran melalui minimarket misalnya indomaret , alfamaret yaitu anda harus membayar pada minimarket yang telah bekerja sama dengan cara menunjukkan kode pembelian kepada kasir. Biasanya jika anda melakukan pembayaran melalui minimarket akan dikenakan biaya tambahan.


7. Pembayaran dengan Pulsa
Pembayaran terakhir ini memang terlalu miris, ini pilihan paling aneh kalo menurut saya dan ini biasanya hanya dilakukan oleh orang orang yang umurnya mungkin dibawah 17tahun alias masih bocah. Alih alih tidak punya rekening dan tidak punya uang cas dan hanya di stock pulsa sama mama papanya biasanya anak begini minta pembayaran lewat pulsa aja. lah dibayar pulsa sekarang pulsa cepet habis cuy kena sms berangganan yang kadang kita gak registrasipun pulsa tau tau habis berkurang dengan sendirinya. Apa iya penjual mau dengan metode seperti ini??? biasanya penjual lebih butuh duit dari pada butuh pulsa, toh sekarang telpon dan sms pakai aplikasi whatsApp hayo hahaha...

Demikian artikel 7 Cara Pembayaran Online Shopping

Jika artikel ini bermanfaat silahkan di share !!!

Jika ada kritik dan saran silahkan tulis di kolom komentar !!!

daftarkan email anda untuk berlangganan artikel dengan gratis !!

0 Response to "7 Cara Pembayaran Online Shopping"

Posting Komentar