Jangan Memaksa Anak Menjadi Sesuai Keinginan Kita


Jangan Memaksa Anak Menjadi Sesuai Keinginan Kita

Ada Seorang ibu curhat pada saya ceritanya begini dirinya dan suaminya sering memarahi anaknya yang masih SD karena anaknya lebih sering menghabiskan waktu untuk menggambar sehingga kurang bisa mengikuti pelajaran di sekolah.

Saat dilihat, ternyata hasil gambar anak ini bisa dibilang jauh lebih detail daripada karya anak seusianya. Dia suka menggambar mobil dan gambar mobilnya lebih detail daripada gambar umumnya anak SD yang hanya siluet lengkung bengkong dengan dua lingkaran roda.



Sungguh kasihan kalau anak semodel ini berada dalam naungan orang tua yang mindsetnya masih sangat konvensional:

"Belajar rajin supaya dapat rangking bagus supaya masuk sekolah favorit supaya masuk kampus negeri supaya mudah cari kerja." Kerja pun orang tua yang memilih milihkan, kamu harus masuk jadi PNS lah.. kamu harus masuk perusahaan MULTI NASIONAL lah, kamu harus masuk BUMN lah.. kamu harus kerja di PT ini..PT itu.... Padahal itu semua bukan keinginan anak , cuma keinginan orang tua saja, gengsi orang tuanya saja.

Padahal bakat gambar anak ini bisa dikembangkan, diasah, diarahkan. Barangkali beberapa tahun ke depan anak ini akan dikenal sebagai desainer mobil termuda yang dimiliki Indonesia.



Sungguh sayang kalau bakat dan minatnya ini justru membuat ia sering dimarahi orang tuanya. Hanya karena orang tuanya memaksa ia mempelajari ilmu yang kurang ia suka dan ia memang tidak bisa.

Sebagai orang tua kita perlu menyadari, kalau Allah ciptakan manusia dengan berlainan bakat dan minat. Termasuk anak-anak kita. Mereka punya jalan hidupnya sendiri. Tugas kita sebagai orang tua hanya mengarahkan dan mengembangkan mereka di jalan yang diridhoi Allah



Keren kan kalimat saya.

Anyway, Apakah anda juga pernah tanpa anda sadar membully anak anda yang sedang mendalami minat bakatnya? Ayolah anda hanya butuh mengarahkan saja agar bakatnya terasah dengan lebih baik lagi jangan memaksa anak Menjadi Sesuai Keinginan Kita. Mungkin kita bahagia jika ia sesuai keinginan kita namun apa si anak bahagia menjalani nya? pasti tidak , dia akan lebih bahagia dan lebih senang jika melakukan sesuatu yang sesuai dengan bakatnya.

Demikian sedikit tulisan mengenai Jangan Menyuruh Anak Menjadi Sesuai Keinginan Kita

Jika artikel ini bermanfaat silahkan di share !!!

Jika ada kritik dan saran silahkan tulis di kolom komentar !!

0 Response to "Jangan Memaksa Anak Menjadi Sesuai Keinginan Kita"

Posting Komentar