Jangan Memulai Usaha dengan Hutang



Jangan Memulai Usaha dengan Hutang

Pandangan masyarakat terhadap usaha selalu ada saja yang negatif. Mereka percaya bahwa semua usaha pasti memiliki hutang dan kalau mau besar harus berani berhutang besar juga begitu katanya. Seolah-olah hutang sudah menjadi teman dekat usaha, dan mirisnya seolah tidak bisa dipisahkan antara usaha dengan hutang.

Tidak mudah saya mendobrak pikiran kerdil semacam ini, dan 2012 lalu saya diketawain teman, dinyinyirin netizen gara-gara sering membahas hutang dan riba. Beberapa yang punya usaha nanggung, kecil ngga besar juga ngga tapi hutangnya gede-gedean sama temen nya nyengir kalau saya mulai membicarakan hutang.



Mereka berfikir bisnis ngga pakai hutang itu pasti kecil, pasti ngga kaya. Iya sih, klo ngga kaya, soalnya sampai hari ini saya ngga pernah merasa kaya. Cuman saya kadang ngga habis pikir dengan beberapa teman. Putaran modal bisnisnya bisa sampai 10Milyar sebulan, ketika dihitung untung bersih nya, dipotong operasional karyawan dll cuman untung 30-50jt.

Ya klo dapat untung segitu ngapain mengelola uang 10Milyar? Resikonya terlalu besar, bunganya besar ,pertaruhan nya property keluarganya. 30-50jt sebulan itu penghasilan penjual online kelas menengah, yang akun instagramnya diatas 10rb follower dibawah 50rb follower.

Yang tiap hari packing barang ke paket. Mereka masih naik motor dan ngga beresiko muter uang kegedean. Atau bekerja pelayaran juga penghasilan sekitar segitu, atau banyak pilihan selain gadai rumah mertuanya untuk dipertaruhkan ke bisnis.

Bisnis tanpa riba itu bukan tergantung dari jenis bisnisnya, tetapi bagaimana kita mengelola Nafsu berbisnis. Kedepankan logika bukan nafsu, . Nafsu untuk dilihat sukses, dibicarakan tetangga dan kerabatnya, dibilang wah dll..

Itu hanyalah nafsu saja, coba duduk dan gunakan logika, alat tulis dan kalkulator.. hitung detail, berapa yang anda dapatkan.. jangan kaget sama angkanya. hitung profit anda kalau masih sama dengan diatas berarti anda hanya gengsi saja dan ingin di bilang wah... hanya nafsu saja.

Ayo mulai sekarang Tanpa Riba Kita Bisa, biar pun bisnis cuma kecil kecilan tapi ga punya hutang, tidur pun tenang. tidur lebih pulas. dan tidak ada bayang bayang penagih hutang dan ketakutan akan penyitaan aset kita yang kita jaminkan sebagai mahar hutang.


Demikian sedikit tulisan mengenai Jangan Memulai Usaha dengan Hutang

Jika artikel ini bermanfaat silahkan di share !!!

Jika ada kritik dan saran silahkan tulis di kolom komentar !!

0 Response to "Jangan Memulai Usaha dengan Hutang"

Posting Komentar