Bisnis Adsense Untuk Muslim Bolehkah?



Bisnis Adsense Untuk Muslim Bolehkah?

Bismillah... terkait dengan pertanyaan yang masuk ke chat tentang bagaimana kaitannya postingan adsense youtube dengan adsense jenis lainnya, berikut ini penjelasan dari saya (Masyhuri SafeSwim).. (biasakan baca tuntas dan fahami dahulu baru berkomentar sebab saya temukan kemarin masih ada saja komentar tetapi belum dibaca dengan tuntas).

Apa yang disampaikan oleh Dr. Oni Sahroni, Lc. MA. selaku anggota Dewan Syariah Nasional MUI merupakan koridor syar'i agar teman teman bisa mendapatkan rezeki harta yang halal. Jika kita perhatikan koridor atau poin-poin yang beliau sampaikan bisa berlaku baik untuk adsense youtube, web maupun admob. Mari kita cek satu per satu dan bandingkan dengan milik kita jika kita sebagai pemain adsense.

Baca Juga : Jangan Beli Akun Adsense

1. Konten yang dipublish harus halal, legal. Dari sisi ini, baik video, artikel di web/blog maupun aplikasi android apakah sudah memenuhi syarat halal? Tidak merusak akhlak dan akidah seseorang dan tidak mengandung unsur-unsur yang tidak laik lainnya. Lalu dari sisi aspek legalitas bagaimana? Konten tidak diperkenankan melanggar TOS dan melanggar hukum yang berlaku. Sudahkah konten kita memenuhi syarat ini? Jika sudah maka kita lanjut periksa ke koridor berikutnya.

2. Konten iklan yang muncul harus halal dan legal. Dari sisi konten iklan ini, ada 2 hal yang mungkin harus jadi perhatian:

2.1) Yang pertama yaitu bagaimana kemampuan kita melakukan filtering konten iklan agar  iklan-iklan yang nantinya muncul tidak mengandung unsur non halal dan merusak. Mungkin kita semua tahu bahwa fitur filter iklan adsense saat ini masih sangat memiliki keterbatasan agar kita bisa mengetahui dan memfilter iklan yang akan lewat di web/blog/video/aplikasi kita, terutama bagi pemain general (non keyword). Filter review iklan sendiri tersedia hanya untuk iklan dengan placement web/blog dengan tampilan per 15 display iklan dari sekian buanyak iklan, sedangkan untuk placement search dan video, fitur filternya masih primitif. Dari sini tinggal kita tanyakan diri kita, selama kita bermain adsense sudah maksimalkah kita memfilter iklan2 ini? Kita mengetahui bahwa potensi pemasang iklan itu hitungannya adalah harian, artinya minimal setiap hari kita meski memantau filtering iklan, bukan hanya dashboard earning yang dipantau. Dan kitapun harus yakin bahwa tidak ada iklan non halal yang tampil di web/blog/video/aplikasi yang kita monetize.

Baca Juga : Dilema Pemula atau Newbie belajar adsense

2.2) Yang Kedua yaitu bagaimana kemampuan kita mengetahui pengunjung kita sedang tidak terkena retargeting/remarketing dari iklan-iklan yang mengandung unsur non halal. 

Untuk iklan retargeting ini sayangnya adsense belum menyediakan fitur blocking atau fitur yang memungkinkan para publisher mengetahui iklan-iklan retargeting ini. Mengapa ini menjadi penting untuk diperhatikan? Sebab kita tidak pernah tahu kemana saja pengunjung kita berselancar di dunia maya dan mereka sedang kena iklan retargeting dari produk non halal yang mana.
Mungkin saja kita telah melakukan blocking pada iklan-iklan non halal dari daftar yang kita miliki, namun upaya itu saat ini hanya bisa meminimalisir bukan untuk mengeliminasi. Sehingga masih memungkinkan terjadinya iklan non halal lolos untuk tampil. Padahal dalam Islam, perihal non halal ini sudah jelas, baik dalam jumlah sedikit maupun banyak, statusnya tetap non halal.

3. Memahami dan melaksanakan hak dan kewajiban yang ada di akad (tos)

Dari beberapa koridor itu, tinggal kita lakukan compare saja dengan apa yang selama ini kita lakukan dalam menjalani kegiatan mencari uang dari adsense. Sudahkah persyaratan kehalalan dalam berbagai aspeknya terpenuhi? Termasuk tidak melakukan trik trik ilegal agar mendapat klik dari pengunjung.

Baca Juga : Hati-hati M@fia Adsense Memberi Anda Mimpi

Semoga kita mendapat hidayah dan taufiq dari Allah sehingga kita bisa menggunakan akal yang telah Allah titipkan untuk mencari rezeki dari sumber yang halal dan proses yang thoyib. Dan semoga kita tidak memperturutkan hawa nafsu yang mengesampingkan akal sehingga kita bertindak ngakal-ngakalin.

Demikian artikel  Bisnis Adsense Untuk Muslim Bolehkah?

Jika artikel ini bermanfaat silahkan di share !!!

Jika ada kritik dan saran silahkan tulis di kolom komentar !!!

daftarkan email anda untuk berlangganan artikel dengan gratis !!


0 Response to "Bisnis Adsense Untuk Muslim Bolehkah? "

Posting Komentar