Advertisment

Ingin Tenang Tidak Mikirin Pajak, Ini Tricknya



Ingin Tenang Tidak Mikirin Pajak, Ini Tricknya

Sejak saya menceritakan secara terbuka kasus pajak yang saya alami beberapa waktu yg lalu, setiap bulan ada 1-2 orang yang kontak saya, mereka ingin share mengenai permasalahan pajak yang mereka alami. Beberapa dr mereka menceritakan by phone, dan beberapa ada yang datang ke surabaya untuk bertemu saya secara langsung. Bahkan mereka rela datang Surabaya - Jakarta PP, hanya bicara selama 2-3 jam.

Rata-rata mereka yang datang adalah mereka yang mengalami kasus pajak serupa dengan saya, pajak server pulsa elektrik. Hasil temuan pajak mereka pun jumlahnya sangat fantastis, karena perputaran uang mereka rata-rata puluhan Milyar hingga ratusan Milyar pertahun.

Ternyata dari sekian banyak teman pebisnis yang saya kenal dan berdiskusi tentang pajak, hanya 5-10% dari mereka yang benar-benar memahami tentang dunia perpajakan. Dan hanya mereka yang sedang / sudah berperkara dengan pihak Pajak yang benar-benar serius mempelajari tentang pajak ini.

Baca Juga : Gaji 3jt apakah kena pajak ?

Ada beberapa jenis pengusaha yang saya temui, 3 yang paling banyak adalah :
1. Tipe pengusaha TAU BERES! Pengusaha yg merasa aman, karena urusan pajak mereka sudah diserahkan ke konsultan pajak. Bahkan SPT tahunan pun tidak tahu apakah sudah dibuat secara benar, pokoknya tau beres! "Santai aja, sudah bertahun-tahun tidak ada kejadian apapun, jadi gak usah khawatir, everything under control" that's what they thought. Tapi tipe pengusaha seperti ini masih lumayan, karena mereka masih mengerjakan laporan dan membayar pajak mereka. meskipun mereka sebenarnya tidak benar-benar tau bagaimana pelaporan pajak mereka. Bahkan cari konsultan pun klo bisa yang murah meriah, dan yang ga pake ribet.

2. Tipe pengusaha SAKWELASE! (SEIKHLASNYA) Mereka ini pengusaha yang biasanya masih mengejar impian mereka meraih omzet besar untuk bisnis yang sedang getol mereka kembangkan, sehingga masih belum merasa perlu mempelajari secara dalam tentang pajak. pokoknya bayar 0.5% dari omzet seikhlasnya. Kan sudah ikut tax amnesty, katanya sudah gak diperiksa lagi. Padahal baru aja kemaren saya ketemu sama pengusaha yang juga ikut tax amnesty dan hari ini tagihan pajaknya 11 Milyar.

3. Tipe pengusaha COWBOY! Mereka ini tipe pengusaha yang memang cuek banget, bahkan sama sekali tidak mau membayar pajaknya sama sekali. tax amnesty pun gak mau ikutan. hehehe. Kalo tipe pertama dan kedua mereka masih ada rasa was was sama laporan pajak mereka, takut diperiksa dll, tapi tipe ketiga ini justru paling tenang. karena mereka bener-bener buta pajak.
jadi kalo mau tenang gak mikir pajak, jadilah tipe ketiga ini, wkwkwk (just kidding).

Lima tahun yang lalu saya termasuk salah satu dari 3 tipe pengusaha diatas. Akhirnya mau ga mau, saya terpaksa mempelajari dunia pajak ini.

Baca Juga : Cara Membuat NPWP dengan Benar

Saya tau bagaimana stressnya ketika pengusaha mendapatkan surat pemeriksaan, pikiran negatif muncul, kerja tidak bisa fokus, sering emosi dll. Saya ga ingin kalian temen2 pengusaha mengalami apa yang saya rasakan! mulailah cari ilmunya. Mulaikah untuk tertib membayar pajak usaha anda. Saya bukan praktisi pajak, Saya tidak buka usaha konsultan pajak, Saya tidak sedang ingin buka pelatihan pajak!

Demikian artikel Ingin Tenang Tidak Mikirin Pajak, Ini Tricknya

Jika artikel ini bermanfaat silahkan di share

Jika anda memiliki kritik maupun saran dipersilahkan  menulis di kolom komentar.

daftarkan email anda untuk berlangganan artikel dengan gratis !!

0 Response to "Ingin Tenang Tidak Mikirin Pajak, Ini Tricknya"

Posting Komentar