Komputer Mini Sekecil Kotak Sabun



Komputer Mini Sekecil Kotak Sabun

Raspberry Pi atau Raspi yaitu komputer single board yang dibuat dan dikembangkan oleh Raspberry Pi Foundation. Raspberry Pi Foundation adalah sebuah badan amal / yayasan nirlaba yang dibentuk untuk tujuan mengenalkan kembali keterampilan komputer tingkat rendah pada anak-anak di Inggris.
Raspberry Pi Model B telah memasuki produksi massal dan pada Februari 2016 telah terjual sebanyak 8jt perangkat sehingga termasuk perangkat paling laris di Inggris

Raspberry Pi merupakan komputer dengan ukuran kecil yah cuma seperti kotak sabun eh lebih tepatnya kotak hardisk portable gitu deh. Raspberry Pi dilengkapi dengan prosesor, RAM.  Raspberry Pi Model B saja memiliki kapasitas RAM sampai 1 GB lumayan powerfull bukan? dilengkapi dengan port hardware yang khas yang bisa anda temukan pada banyak komputer. Hal ini membuat Anda bisa melakukan banyak hal seperti pada sebuah komputer pada umumnya.

Baca Juga : Perbandingan Lisensi Free Software

Sistem operasi yang digunakan pada Raspberry Pi pada mulanya adalah Raspbian OS yang didasarkan dari OS Debian. Meskipun sistem operasi yang didukung adalah Raspbian namun Anda juga dapat menginstal sistem operasi lain seperti Ubuntu Core, Ubuntu MATE, Pirate OS, OSMC, RISC OS bahkan Windows.




Perkembangan dan Seri Raspberry 

Raspberry Pi Model A+ adalah varian model termurah dari Pi Raspberry. Model ini memiliki RAM 512MB (per Agustus 2016: model sebelumnya memiliki 256MB), satu port USB, 40 pin GPIO, dan tidak ada port Ethernet. Pi Model B+ adalah revisi akhir dari Raspberry Pi asli. Ini memiliki RAM 512MB, empat port USB, 40 pin GPIO dan port Ethernet.

Raspberry Pi 2 Model B, generasi kedua dari Raspberry Pi. Model Pi 2 berbagi banyak spesifikasi dengan Pi 1 B +, dan awalnya menggunakan CPU quad-core ARM Cortex-A7 900MHz dan memiliki RAM 1GB. Beberapa versi terbaru dari Pi 2 (v1.2) sekarang menggunakan CPU ARM Cortex-A53 900Mhz.

Baca Juga : Membuat File Zip Berpassword dengan VisualBasic6.0

Raspberry Pi 3 Model B diluncurkan pada bulan Februari 2016. Menggunakan CPU Mid-core 64MHz quad-core ARM Cortex-A53, memiliki RAM 1GB, LAN nirkabel 802.11n terpadu, dan Bluetooth 4.1. Pi 3 Model B ini adalah model yang kami rekomendasikan untuk digunakan di sekolah atau mahasiswa karena fleksibilitasnya bagi pelajar.




Lalu apa saja Hal luarbiasa yang bisa dilakukan komputer mini ini? Berikut diantaranya:

1. Sebagai Komputer Desktop Mini
Perkembangan Raspberry Pi kini sudah semakin baik dan canggih. Fitur dan penggunaannya pun bisa di manfaatkan layaknya komputer desktop walaupun tetap belum bisa menandingi komputer desktop berbasis CPU Intel. Selain itu, Raspberry Pi ini juga di klaim lebih hemat daya.

2. Sebagai File Server
Kita dapat berbagi file film, dokumen, music atau foto-foto lain dimana saja dan kapan saja. Kemampuan dan kelebihannya ini membuat Raspberry  Pi mampu seolah-olah memiliki fungsi layaknya file server.

3. Sebagai Download Server
Dari generasi ke generasi, RasPi saat ini bisa digunakan juga sebagai download server. Dengan Raspberry, penggunanya bisa melakukan pengontrolan dan pengelolaan file yang di download via web, baik web browser desktop, smartphone ataupun tablet.

4. Sebagai Access Point
Device Raspberry yang kita miliki saat ini bisa dijadikan sebagai access point dengan menancapkan adapter Wi-Fi yang kompatibel.

5. Sebagai Server DNS
Kita bisa menjadikan server DNS pada Raspberry Pi sebagai pengganti server DNS ISP yang melambat dengan bantuan aplikasi seperti BIND9 atau djbdns.

6. Sebagai Multimedia Player
Selain hal-hal diatas, kita bisa memanfaatkaan RaspPi sebagai media player untuk menonton film, mendengarkan music, melihat foto, menonton youtube atau bermain social media dengan menggunakan TV Lawas kita sebagai monitornya. kok bisa pakai TV lama sebagai monitornya? karena Raspberry Pi memiliki colokan RCA (Vidio Analog). colokan kabel Audio ke raspi (jack 3.5mm) dan dua buah RCA Audio ke input TV, colokan jack Composite video ke Raspi dan yang lagi satu ke TV.

7. Sebagai CCTV dengan memakai webcam dan Raspberrypi
Raspberry Pi diisi dengan Raspbian Pixel Kemudian untuk keperluan pengambilan gambar/vidio, kita akan memakai “motion”. motion dipilih karena bisa diseting agar hanya mengambil gambar/film ketika terdeteksi adanya gerakan . Untuk mendeteksi gerakan anda bisa juga menggunakan Program motionEye ini berbasis web dan di buat dengan bahasa pemrograman python.

Baca Juga : Cara Menghapus FilePage.sys di Windows

Di Mana Dapat Membeli Raspberry Pi?
Anda dapat membeli Raspberry Pi dari distributor utama perusahaan tersebut, salah satu distributor utamanya adalah Element14. Distributor tersebut menjual hampir di seluruh dunia. Saat ini di Indonesia sudah banyak yang menjual misalnya di shopee saja aja yang menjual raspi 3b dengan paket lengkap seharga 700rb sampai 1jtan.

Demikian artikel sederhana mengenai  Komputer Mini Sekecil Kotak Sabun

Jika artikel ini bermanfaat silahkan di share !!!

Jika ada kritik dan saran silahkan tulis di kolom komentar !!!

daftarkan email anda untuk berlangganan artikel dengan gratis !!

0 Response to "Komputer Mini Sekecil Kotak Sabun"

Posting Komentar