Lebih Dahulu Mana Menafkahi Istri atau Memberi ke Orang Tua ?


Lebih Dahulu Mana Menafkahi Istri atau Memberi ke Orang Tua ?


Sebenarnya bagaimana sih? Duluan mana menafkahi istri atau memberi ke orang tua? sementara gaji pas pasan untuk nabung saja susah, kalo berlebih sih mungkin bisa dilakukan keduanya. Lalu gimana baiknya?

Apabila keadaan suami rizkinya lapang dan mampu mencukupi kebutuhan pokok orang tua dan istrinya maka semuanya harus dinafkahi. Apabila uang yang dimiliki suami sangat terbatas maka dia menafkahi dirinya sendiri kemudian istrinya kemudian anaknya kemudian orang tuanya. Apabila istri rela suami menyisihkan sebagian jatah belanja istri untuk orang tua suami maka ini sungguh perbuatan yang mulia lagi berpahala insyaAllah. dalam salah satu hadits disebutkan:


"Manfaatkanlah uang ini untuk dirimu sendiri, bila ada sisanya maka untuk keluargamu, jika masih tersisa, maka untuk kerabatmu, dan jika masih tersisa, maka untuk orang-orang disekitarmu. (HR. Muslim no.997)

Imam an-Nawawi menerangkan," Apabila seseorang memiliki kewajiban menafkahi beberapa orang yang membutuhkan maka perlu dilihat, apabila harta dan penghasilannya bisa digunakan untuk menafkahi mereka semua maka dia wajib menafkahi mereka semua, baik itu keluarga dekat maupun keluarga jauh. Apabila setelah ia menafkahi dirinya sendiri hartanya hanya cukup untuk nafkah satu orang maka menafkahi istri lebih didahulukan dibanding menafkahi kerabat. Ini disepakati oleh Ulama' Syafi'i sebab menafkahi istri lebih ditekankan. Menafkahi istri tidak gugur dengan berlalunya masa dan tidak gugur meski dalam keadaan sulit." (Raudhatu ath-Thalibin 9/93)

Jadi begitu ya tidak perlu bingung bingung lagi , kita kembalikan saja ke pada dalilnya , dalil orang islam ya Al-Qur'an dan hadist.


Demikian artikel sederhana mengenai Lebih Dahulu Mana Menafkahi Istri atau Memberi ke Orang Tua ?

Jika artikel ini bermanfaat silahkan di share !!!

Jika ada kritik dan saran silahkan tulis di kolom komentar !!!

daftarkan email anda untuk berlangganan artikel dengan gratis !!


0 Response to "Lebih Dahulu Mana Menafkahi Istri atau Memberi ke Orang Tua ?"

Posting Komentar