Pengusaha Bahagia itu Fokus ke Hal yang Bisa Dikontrol


Pengusaha Bahagia itu Fokus ke Hal yang Bisa Dikontrol

PENGUSAHA BAHAGIA itu TIDAK FOKUS ke hal yang tidak bisa dia kontrol, Omset sepi nyalahin inflasi, resesi, kompetitor, staff, ini dan itu.

Tapi mereka fokus ke hal yang bisa mereka kontrol.
1. Gimana cara saya memperbaiki formula/produk saya ini biar customer tuh makin kangen dan begitu habis langsung beli lagi?

2. Gimana cara saya biar staff yang kerja ditempat saya, dari awal hire itu memang yang sudah berkompeten dan baik attitudenya?


Galau itu boleh, namanya juga manusia, tapi jangan lama-lama.

Bayangin kalau dalam sehari, 3 jam dipakai buat mengeluhkan keadaan dan mencari pembenaran kenapa bisnis sepi, lebih mending 3 jam ini dipakai untuk memikirkan hal yang bisa kita kontrol kan?


Tiap minggu, pasti ada saja deh, 2-3 orang yang PM atau pas jumpa itu bilang "duh pusing euy, bisnis lagi sepi, stress"

Inget loh, Stress itu pangkal semua "bencana" di bisnis yang lagi dijalanin, mendingan cuti deh seminggu, lakukan hal yang bikin happy.

HATI ITU HARUS HAPPY, kalau ada masalah ditanggapi dengan proaktif mencari solusi, bukan reaktif merutuki keadaan untuk pembenaran kenapa masalah itu bisa terjadi.


Boleh percaya boleh nggak, kalau di saya ya.

Setiap kali saya merasa pikiran itu positif, tenang dan bahagia, omset pasti bagus, minimal stabil deh, padahal bisa saja sayanya lagi di luar kota atau di negara orang lain.

Kemarin ini saya juga ngobrol ini sama teman saya, dan dia pun bilang, "eh bener loh tin, gue juga kalau jalanin bisnis tuh happy ya, omsetnya juga ikutan happy" hahaha.

ya misteri alam dan energi lah ya itu.


Tapi logikanya saja sih ya, misal kita jadi pimpinan, muka cemberut terus, ngomel-ngomel dan ketus melulu ke karyawan (karena ceritanya lagi stress) , energi kita sebagai "the alpha" itu nular ke team, efeknya apa, semuanya jadi ikutan negatif, dan makin negatif ya makin attract yang negatif-negatif lagi.



Pernah nggak pas kita lagi happy, terus masuk ke restoran yang lagi sepi, kemudian selang sekian menit setelah kita duduk disana, tiba-tiba restorannya mulai banyak pengunjung.

Ini karena ke"positif"an kita "mengundang"


Makanya kalau saya bilang sih ya,

Buat yang lagi galau,

Jika melihat prestasi kompetitor bikin kamu makin galau, ya jangan diliatin, fokus saja ke diri dan bisnis sendiri.

Jika melihat berita di media, bikin kamu tambah cemas dan jadi membenarkan hal-hal negatif yang terjadi di sekitarmu, Ya jangan dilihat.

Jika merasa kesal dengan staff kamu yang tidak perform sekaligus kelakuannya buruk, ya dirumahkan saja yang toxic-toxic seperti ini. Jaga lingkungan bisnismu itu positif biar atract yang positif.

Jika melihat ada staff lagi galau diputusin pacarnya terus nangis di kantor, hibur lalu suruh pulang. Ini kembali lagi biar lingkungan kerjamu tetap positif.

Jika kesal dengan Customer yang chatnya sama kamu, tapi belinya sama yang lain, justru kamu lagi dikasih lihat oleh Tuhan bahwa rejeki itu tidak akan tertukar, pernah nggak berpikir, bisa jadi selama ini ada juga customer yang chatnya sama siapa, tapi belinya sama kamu ya toh.

Jika tiap kali liat penjualan kok makin lama makin turun bikin kamu sedih, ya jangan diliatin hahaha, langsung saja fokus ke apa yang bisa diperbaiki, bedah overhead cost, apa yang bisa ditingkatkan efisiensinya, sapa kembali existing customer, fokus ke perbaikan formula atau amati pasar lagi trending apa sekarang. Banyak lah macem-macemnya yak.

Jika frustasi dengan bisnis, perbanyak ngopi sama temen yang lagi happy atau lebih positif dari kamu, meskipun belum tentu si teman ini bisa bantu memecahkan masalah, tapi setidaknya pikiran kamu lebih tenang, dan jadi bisa lebih mudah menghadapi masalahmu.

Hidup itu dibawa happy saja guys, ngomong memang gampang, ngelakuinnya susah, ya saya paham.

Tapi gak akan jadi lebih gampang kalau hidup udah susah lalu dikeluhin terus tanpa kitanya yang proaktif merebut kembali kendali dari hidup ini.


Demikian artikel sederhana mengenai Pengusaha Bahagia itu Fokus ke Hal yang Bisa Dikontrol

Jika artikel ini bermanfaat silahkan di share !!!

Jika ada kritik dan saran silahkan tulis di kolom komentar !!!

daftarkan email anda untuk berlangganan artikel dengan gratis !!

0 Response to "Pengusaha Bahagia itu Fokus ke Hal yang Bisa Dikontrol"

Posting Komentar