Senin, 27 Januari 2020

Derita Desainer, Diminta Desain Tapi Maunya Gratis


Deritan Desainer, Diminta Desain Tapi Maunya Gratis
Rasa-rasanya hampir semua anak 'disen' (grafis, interior, arsitek dst) pernah mengalami desainnya diambil tapi feenya tidak dibayar. Seolah ini jadi satu tahap yang memang wajib dilalui saat masuk ke dunia kerja hehe...

Kawan saya dulu, setelah mengalami beberapa kali pengalaman mendewasakan seperti itu, akhirnya merumuskan trik antisipasinya. Yakni saat "klien nakal" minta dikirimi gambar jpg, ia fotokan dari monitor laptopnya. Jadi si klien nakal ini hanya akan dapat gambar buram selama belum melunasi fee desain.

Itu sebabnya "alarm" saya langsung nyala saat seseorang menghubungi saya minta digambarkan & dihitungkan interior dengan 1 furniture lemari partisi saja dengan mengirimkan sebuah foto gambar lemari yang nampak di monitor laptop.

Saya tanya, "Ingin desain lemari yang seperti apa?"

Baca Juga : Desain Rumah Modern Minimalis

Dia jawab, "Persis seperti di foto itu saja mas. Itu sudah sesuai dengan ruangan eksisting. Minta tolong digambarkan ulang dan dihitungkan berapa biaya bikinnya.."

Lha.

"Kalau sudah persis gitu, bisa tolong dikirimkan gambar yg lebih jelas komplit dengan ukuran? Supaya bisa segera kami hitung.."

"Nda ada mas. Adanya cuma foto itu.."

Haha halah.

Jangan-jangan foto dari kawan saya

Saya juga pernah ketemu model gertakan.

Diminta desain dengan diberi briefing via Word yang di dalamnya ternyata tidak hanya berisi briefing, namun juga ada embel-embel "HANYA DESAIN TERBAIK YANG KAMI PILIH." Di-bold pula. Hehee. Sependek pengalaman saya, itu bahasa kamuflase untuk: "Tolong desainkan dulu gratis, nanti kalau menurut kami desainmu bagus baru akan kami bayar."

Ybs lalu minta izin telp lalu menjelaskan dengan penuh percaya diri dan saya rasa agak sedikit "mengintimidasi" kalau mereka hanya akan memilih desain terbaik. Hehe.

Saya jawab, "Oya, saya kirimkan dulu portfolio dan prosedur kerja kami ya.. Setelah itu silahkan dipelajari dan kita ngobrol lagi.."

Saat kami telpon lagi setelah dia membaca file yang saya kirimkan, suaranya mulai melunak. Dia sampaikan kalau tim mereka sebenarnya masih fresh graduate dan butuh desain ini untuk presentasi ke investor. Dia mencoba sampaikan lagi secara halus kalau butuh sketsanya dulu saja.

Saya jawab, "Sketsa oret-oretan tangan maksudnya?"

"Bukan mas, kalau bisa yang sudah bagus seperti 3D"

"Desainnya sudah ada?"

"Belum mas. Maksud kami sekalian tolong masnya desainkan juga, tidak perlu detail.."

"Oya, kalau itu sudah masuk job desain. Biayanya seperti yang sudah saya sampaikan."

Setelah kehabisan ide mengolah kata, akhirnya yangbersangkutan menyerah dan bilang kalau akan mempertimbangkan dulu. Itu ucapan terakhir yang saya dengar dari dia setahun yang lalu.

Sebenarnya kalau butuh desain gratis langsung to the point saja. Tidak usah mbulet. Malah buang waktu kita semua. Jangan khawatir, ada cukup banyak kok orang yang mau memberikan desain gratis. Tinggal dicari saja.

Namun kalau ada desainer yang meminta fee atas pekerjaannya, tentu ada alasannya. Pasti ada kelebihannya.

Baca Juga: Sering Kali Desainer Itu Diremehkan

Jadi jangan repot-repot bersilat lidah / bersiasat untuk dapat "desain gratis", karena umumnya anak 'disen' sudah kenyang dengan itu.

Demikian artikel sederhana mengenai  Derita Desainer, Diminta Desain Tapi Maunya Gratis

Jika artikel ini bermanfaat silahkan di share !!!

Jika ada kritik dan saran silahkan tulis di kolom komentar !!!-

0 komentar:

Posting Komentar