Apa Hakikat Infak Itu?


Apa Hakikat Infak Itu? 

Infak adalah sesuatu yang sunnah dan ia menjadi indikasi kuatnya iman seseorang. Allah ta’ala berfirman : “Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan sehahagian harta yang kamu cintai. Dan apa saja yang kamu nafkahkan maka sesungguhnya Allah mengetahuinya.”(QS Ali Imran : 92)

Namun tidak berarti orang yang belum berinfaq lantas divonis sebagai orang yang tak beriman. Karena keimanan itu sendiri bertingkat-tingkat dan tidak satu derajat, tidak satu level dan tidak hanya satu bagian. Jika hilang satu bagian masih ada bagian keimanan yang lain. Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Iman itu ada tujuh puluh cabang lebih, atau enam puluh cabang lebih. Yang paling utama yaitu perkataan Lâ ilâha illallâh, dan yang paling ringan yaitu menyingkirkan gangguan dari jalan. Dan malu itu termasuk bagian dari iman.” (HR Bukhari : 9). 

Dan yang perlu dipahami infak atau sedekah  tidak harus melulu berupa harta, bisa berupa tenaga, fikiran, ide, atau bahkan senyuman. Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : ‎“Janganlah engkau meremehkan kebaikan sekecil apapun, walaupun itu berupa cerahnya wajahmu ‎terhadap saudaramu.” (HR. Muslim : 2626).‎ Islam agama yang indah bukan agama yang menyeramkan, Islam tidak menakut-nakuti umatnya akan tetapi memotivasi untuk senantiasa berbuat baik sesuai dengan kadar dan kemampuan kita masing-masing. .

Demikian sedikit tulisan mengenai Apa Hakikat Infak Itu? 

Jika artikel ini bermanfaat silahkan di share !!!

Jika ada kritik dan saran silahkan tulis di kolom komentar !!!

0 Response to "Apa Hakikat Infak Itu? "

Posting Komentar