Manfaat Menggunakan Sepeda Listrik



Manfaat Menggunakan Sepeda Listrik

Larangan pelajar membawa kendaraan bermotor ke sekolah bagi yang belum memiliki Surat Ijin Mengemudi (SIM) atau belum cukup umur mulai di terapkan.

Polsek Gamping- Sekolah-sekolah di wilayah Kecamatan Gamping setingkat SMP, SMA dan SMK bekerja sama dengan Polsek Gamping gencar melakukan sosialisasi dan pembinaan tertib berlalu lintas kepada siswa siswinya.

Panit Lantas Polsek Gamping Aiptu Fajar Ismoyo menghimbau para siswa SMP dan SMA/SMK agar mematuhi aturan sekolah dan mematuhi undang undang dan tata tertib lalu lintas.

Dalam pemeriksaan dan penertibam pagi ini di Perempatan Depok Ambarketawang Jl.Wates KM.6 Gamping kepada para siswa di SMP Muhammadiyah I Gamping dan SMP Negeri 4 Gamping, ada 9 siswa yang kedapatan membawa kendaraan bermotor ke sekolah dan belum memiliki SIM.

“Penertiban dan  Pengawasan akan terus dilakukan terhadap siswanya untuk memastikan bahwa tidak ada lagi siswanya yang membawa kendaraan bermotor ke lingkungan sekolah " terang Aiptu Fajar Ismoyo.

Aiptu Fajar Ismoyo menambahkan "Sanksi yang diterapkan dengan memberikan tindakan tegas surat tilang dan menahan sepeda motornya.

Di tempat terpisah Kapolsek Gamping Kompol Sudaryo saat dikonfirmasi mengungkapkan bahwa Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan sudah jelas aturannya. Pada Pasal 81 UU Lalu Lintas Nomor 22 Tahun 2009 untuk mendapatkan SIM A,C dan D minimal berumur 17 tahun, 20 tahun untuk SIM B 1 dan 21 tahun untuk SIM B II.

Apabila belum memiliki SIM, pengendara motor bagi yang belum cukup umur terutama para siswa sekolah dapat di kenai pasal 281 yang berbunyi setiap yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan yang tidak memiliki SIM dapat dikenakan pidana kurungan paling lama 4 bulan atau denda paling banyak Rp 1 Juta.

Tujuan larangan siswa tidak boleh membawa kendaraan bermotor ke sekolah agar para siswa terhindar dari kecelakaan lalu lintas karena pelajar di bawah umur emosinya masih labil dan cenderung kebut kebutan di jalanan "  dan mencegah aksi kenakalan remaja seperti tawuran dan kejahatan jalanan  "jelas Kapolsek Gamping".

Beberapa manfaat dari Sepeda Listrik atau SELIS yang bisa dirasakan terutama dikalangan anak adalah
1. Anak-anak jaman sekarang tentu memiliki mobilitas yg tinggi sehingga di butuhkan sarana transportasi yang aman dan meringankan untuk ke sekolah, les, extra kurikuler dan kegiatan lainnya.
2. Anak-anak umur dibawah 17 tahun tentu belum memiliki SIM, sehingga tentu sarana transportasi yg aman salah satunya sepeda listrik SELIS ini.
3. SELIS merupakan sepeda listrik yg aman,terjangkau dan efisien karena tidak perlu isi BBM dan ganti oli.
4. Sepeda ini ramah lingkungan karena tidak berisik (menimbulkan suara) dan tidak berasap sehingga tidak ada pencemaran udara (menjaga lingkungan).


Dengan memiliki kendaaraan SELIS anda tidak perlu mengantri lagi di SPBU untuk membeli BBM, karena tinggal cash maka daya battery akan terisi kembali dengan biaya yang lebih murah dengan biaya BBM sangat ringan jd tidak khawatir pembengkakan tagihan listrik, Berikut kami sampaikan simulasinya :

Dengan cash battery selis biaya sekitar 2.500 – 3.000 rupiah untuk jarak tempuh antara : 25 - 70 km / sekali cash

Jika anda beli BBM per liter jenis pertalite Rp 7.650 untuk jarak tempuh antara :  25 – 70 km / liter
Dengan kendaraan selis maka anda bisa berhemat : 7.650 – 2.500 = 5.150 atau dengan hitungan 7.650 - 3000 = 4.650

Jika 5.150 x 30 hari = 154.500 / bulan jika setahun x 12 = 1.854.000 / tahun

Jika perawatan service olie setahun rata2 ganti 4 x@ 95.000 = 380.000 / tahun

Sepeda selis tidak perlu pajak rata rata 200.000 / tahun

Jadi jika di jumlah total setahun bisa hemat : 1.854.000 + 380.000 + 200.000 = Rp 2.430.000

Baca Juga : 10 Kunci Kesuksesan

Demikian sedikit tulisan mengenai  Manfaat Menggunakan Sepeda Listrik

Jika artikel ini bermanfaat silahkan di share !!!

Jika ada kritik dan saran silahkan tulis di kolom komentar !!!

0 Response to "Manfaat Menggunakan Sepeda Listrik"

Posting Komentar