Mengapa Kita Butuh Coach?



Mengapa Kita Butuh Coach?

Belakangan ini sering kita denger sebutan coach, tapi sebenernya coach adalah orang yang mampu membatu memunculkan postensi seseorang atau team.

Coaching adalah proses ketika Anda dibantu oleh seorang coach untuk mencapai sebuah tujuan / goal yang sudah ditentukan.

Keywordnya  adalah mencapai goal. Seorang coach bisa menjadi partner dan temen curhat untuk mencapai apa yang akan kita targetkan.


Seorang coach lebih banyak menggali potensi dengan mengajukan berbagai pertanyaan.

“Coaching is unlocking a person’s potential to maximize their own performance, it is helping them to learn rather than teaching them”

Ada teori namanya Johari Windows (Joseph Luth dan Harrington Ingham) yang mengatakan bahwa kemampuan seseorang untuk memahami dirinya sendiri baik perilaku perasaan dan pikirannya terdiri dari empat bagian.

Wilayah Terbuka (Open):
Segala aspek dalam diri, seperti tingkah laku perasaan dan pikiran selain diketahui oleh diri sendiri juga diketahui orang lain.

Wilayah Buta (Blind) :
Segala aspek tingkah laku, perasaan dan pikiran diketahui orang lain tapi tidak diketahui diri sendiri/tidak disadari diri sendiri.

Wilayah Tersembunyi/Rahasia (Hidden) :
Kemampuan yang kita miliki tersembunyi tidak diketahui orang lain.

Wilayah Tak Dikenal (Unknown):
Aspek dalam diri yang tidak dikenal diri sendiri maupun orang lain.

Kita butuh orang lain untuk melihat siapa kita  baik kekurangan atau potensi yang kita miliki agar kita menjadi lebih baik.

Kalo menurut saya, coach bisa siapa saja, pimpinan kita, bapak kita, Uztad atau siapapun yang mampu membuat kita tumbuh menjadi lebih baik. (mohon koreksinya kalo salah nggih)

Jadi seorang coach yang efektif tidak mengajarkan atau menginstruksikan sesuatu, tidak juga memberikan saran atau solusi bagi coachee-nya (coachee = orang yang dicoaching).
Dengan memperhatikan berbagai aspek salah satunya aspek diatas.

Seorang coach harus mampu membuat coachee-nya untuk belajar dan bertumbuh, dengan metode bertanya, bukan asal nanyak "udah pada ngupi belon...diem diem bae!

Tapi memberikan pertanyaan pertanyaan yang dapat meningkatkan kesadaran akan kapasistas diri sehingga mampu melakukan diri atau memprovokasi sehingga mampu memicu tindakan kreatif untuk mencapai goal yang di inginkan.

Jadi kalo muncul pertanyaan lagi, kenapa seseorang  butuh coach, ya kembali ke atas. Agar kita bisa memunculkan kapasitas tersembunyi yang kadang belum kita sadari atau kita munculkan.
Bisa juga sebagai pengawal/ reminder saat kita udah melenceng dari rel.

Selamat berkarya jangan lupa berbuat baik

Baca Juga : 10 Kunci Kesuksesan

Demikian sedikit tulisan mengenai  Mengapa Kita Butuh Coach?

Jika artikel ini bermanfaat silahkan di share !!!

Jika ada kritik dan saran silahkan tulis di kolom komentar !!!


0 Response to "Mengapa Kita Butuh Coach?"

Posting Komentar