Senin, 23 Maret 2020

Virus Corona Melanda, Waspada Boleh Panic Jangan



Virus Corona Melanda, Waspada Boleh Panic Jangan

Hari ini adalah hari kebijakan "libur pencegahan" yang diberlakukan oleh pemerintah.
Covid 19, mahluk Allah yang begitu kecil dan tak terlihat itu sudah membuat gempar seluruh dunia. Tidak perduli apapun agama atau keyakinannya, suku atau rasnya, apapun jabatannya semua punya potensi untuk terkena dampaknya.

Hal ini membuat terjadinya bebrapa kepanikan di masyarakat, dan menyebabkan adanya "Panic Buying". Akibatnya, sejumlah barang menjadi langka dan harganya naik berlipat-lipat, seperti masker, hand sanitizer, vitamin c, bahan makanan dll.

Peningkatan permintaan yang tinggi dan kesediaan stok yang terbatas mau tidak mau membuat maslah baru.

Masyarakat dengan pendapatan dibawah rata rata akan kesulitan mendapatakan pasokan bahan, terutama bahan kebutuhan pangan.


Jujur saya heran, kenapa orang orang bisa panik dan belanja begitu gila. Hal ini mengingatkan saya ketika hidup di bali, dimana ketika 1-2 hari menjelang nyepi. Itu supermarket ramenya kaya gila seolah olah kita bakal nyepi 1 tahun. Nyepi sehari, stok belanjanya bisa buat sebulan. Padahal nyepi cuman 1 hari.

Bersikap wajarl sajalah, ngga usah belanja sampai gila. Apa yang terjadi akan sangat erat kaitannya dan saling mempengaruhi lho.

Barang akan menjadi langka, pasokkan akan terbatasi, harga akan naik gilai. Dan ini kan menjadi potensi para "pengusaha nakal" yang akan memanfaatkan situasi ini untuk mengeruk keuntungan sebanyak banyaknya.

Jika kondisi ini diimbangi dengan perilaku membeli masyarakat berlebihan, jelas ini akan mendorong inflasi semakin besar. Sebanyak stock apapun barang, kalo masyarakat berbondong bondong memborongnya maka stok akan langka dan harga pasti akan naik gila. Apalagi sebentar lagi moment
puasa dan hari raya.

Jadi kembalilah bersikap rasional, belanja sebuai kebutuhan sehingga yang lain bisa kebagian tetap dengan harga normal.

Kasian masyarakat yang tidak mampu beli borongan, mereka akan kehabisan stock atau akan mendapatkan harga jauh lebih mahal. Kebutuhan makan kita cuman sehari 3 kali cuy

Hati hati boleh, tapi juga harus pake hati !

Mungkin boleh di coba juga untuk mulai mandiri:
• Bikin list belanja yang di butuhkan, tidak berlebihan
• Belajar mandiri, membuat  bahan sendiri (membuat hand Sanitizer sendiri misalnya)
• Memanfaatkan sumber daya yg ada di sekitar.
Misalnya anda punya kelebihan bahan bisa barter dengan tetangga yang punya pohon buah atau apalah.
•Bagi yang tinggal di desa, bisa manfaatin tanaman yang bisa dimasak untuk dikonsumsi.

Stop menyalahkan pemerintah atau menuntut. Karena itu bukan solusi. Berdoa yang baik baik saja dan mendukung kebijakan baik yang dilakukan oleh pemerintah.

Semoga apa yang terjadi bisa segera berlalu dan bisa menjadi bahan intropeksi buat kita sehingga kita bisa kembali bersatu, kembali peduli dengan sesama, kembali saling dukung dan Indosia kembali rukun.


Kok saya tiba tiba jadi pengamat sosial ya..gpp wis namanya juga lagi prihatin dan belajar....hahahaha 

Selamat berkarya dan jangan lupa berbuat baik

Demikian sedikit tulisan mengenai  Virus Corona Melanda, Waspada Boleh Panic Jangan

Jika artikel ini bermanfaat silahkan di share !!!

Jika ada kritik dan saran silahkan tulis di kolom komentar !!!

0 komentar:

Posting Komentar