Senin, 13 April 2020

Apa yang Terjadi Jika Wabah Virus Corona Ini Berkepanjangan


Apa yang Terjadi Jika Wabah Virus Corona Ini Berkepanjangan

Beberapa waktu terakhir ini, gambar di atas familiar.. beberapa orang mulai memberikan nasihat agar tahan kas sebanyak-banyaknya untuk “survive mode” menghadapi gelombang krisis ekonomi yg siap menghadang..

Survive mode dengan menahan cash itu ga keliru sebenarnya.. saya akui ada benarnya.. tapi juga secara ekonomi makro jika berlebihan bisa berbahaya juga karena dapat memperdalam jurang krisis jika krisis itu benar2 terjadi.



teringat konsep tragedy of common.. analogi yg paling gampang menjelaskannya adalah sbb:

dalam sudut pandang individual.. untuk bs melakukan mobilitas dengan cepat.. lebih baik pakai kendaraan daripada jalan kaki.. krn kendaraan seperti mobil misalnya.. punya mesin.. jelas lebih cepat utk bs berpindah dr titik A ke B ketimbang berjalan kaki..

Namun, apabila banyak atau bahkan semua orang berpikiran hal yang sama.. yakni berlomba2 pakai mobil ketimbang jalan.. bahkan smp memaksakan diri (dengan kredit riba misalnya).. yg terjadi adalah tragedy of common.. karena tercipta masalah baru yg bernama kemacetan.. sehingga justru malah mubadzir dan menghambat laju mobilitas.. dan case tertentu bs jadi berjalan kaki lebih cepat ketimbang pakai mobil yg kena macet..

Sama halnya terkait dengan bisnis.. konsep dasar bisnis sederhananya cara pengelolaan pemasukan dan pengeluaran.. dimana pemasukan bagi satu pihak menjadi pengeluaran pihak yg lain.. 

Dalam tataran individu.. menahan cash dan menahan expenses di masa skr adalah common sense yg dilakukan pihak2 pemegang dana/modal/capital untuk bs survive.. namun dalam konteks kebermasyarakatan.. ini justru jd trigger krisis ekonomi.. karena velocity harta terhambat.. yg mengakibatkan dana tidak lancar mengalir untuk menghasilkan barang dan jasa.. org2 menjadi kesulitan menghasilkan barang dan jasa.. dan jika barang atau jasa tersebut vital di konsumsi sedangkan supply berkurang.. bisa terjadi kenaikan harga2.. karena permintaan ga terimbangi ketersediaan supply.. atau sebaliknya.. jika konsumsi lesu.. karena cash ditahan.. barang2 ga laku.. dan pengusaha mengalami krisis likuiditas.. efek selanjutnya banyak masyarakat kehilangan pekerjaan.. terus terjadi disparity atau kesenjangan (karena yg kaya menahan cash.. yg miskin kehilangan pendapatan).. terus efek buruk berikutnya jika time frame-nya diperpanjang terjadi moral hazard (penjarahan, kriminalitas meningkat) dst.. efek spiral terus berulang sehingga krisis semakin dalam.. chaos..

Yes, kata kuncinya di sini adalah velocity alias putaran atas pemasukan dan pengeluaran tsb..

Sebagaimana persamaan M x V = P x Q 

M = Money Supply
V = Velocity
P = Price
Q = Quantity of Goods

Maka tetap penting melakukan aktivitas konsumsi secara wajar, tidak ekstrem menahan cash.. sebagaimana penting juga untuk produksi yg wajar.. agar tidak terjadi kelangkaan barang2 yg memang dibutuhkan masyarakat.. agar kita semua tidak tertampar ombak krisis yg bergulung semakin besar..

Argumen ini bukan untuk menegasikan cash reserve.. tp lebih ke pengambilan insight dr sisi lain.. krn klo nasihat keuangan nahan cash mah udah banyak sama financial planner di luar sana.. dan nature orang juga inginnya cash ditahan.. karena itu tulisan ini sebagai gagasan alternatif, atau upaya utk menghindari krisis ekonomi.. karena krisis ekonomi biasanya diawali dengan ketakutan-ketakutan berlebih.. dan akan menjadi nyata bahkan jurangnya semakin dalam jika behaviour masyarakat mendukung terjadinya krisis ekonomi itu sendiri..

So, poin utama tulisan saya ini adalah justru agar kita bs terhindar dr krisis ekonomi bersama-sama.. salah satu ikhtiarnya adalah memperlancar velocity (perputaran) harta.. jangan sampai harta hanya bertumpuk dikalangan orang2 kaya saja.. sebagaimana yg dijelaskan dalam QS. Al-Hasyr: 7..

Mungkin kata kunci velocity harta ini juga menjadi salah satu hikmah, kenapa bersedekah itu dikatakan menguntungkan (dan jadi wasilah kita dari bencana) karena bersedekah dapat memperlancar perputaran harta..

Semoga Allah mudahkan urusan kita semua

Baca Juga : Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Virus Corona

Demikian sedikit tulisan mengenai Apa yang Terjadi Jika Wabah Virus Corona Ini Berkepanjangan

Jika artikel ini bermanfaat silahkan di share !!!

Jika ada kritik dan saran silahkan tulis di kolom komentar !!!

0 komentar:

Posting Komentar