Broken Window Theory


Broken Window Theory 

Di sebuah gedung, tiba2 ada satu kaca gedung pecah. Tapi pemilik gedung tidak memperbaikinya. Besoknya ketika ada kaca pecah yang kedua, pemiliknya tetap tidak memperbaikinya, sampai suatu saat, pemiliknya tidak sadar bahwa tidak ada orang yang mau menggunakan gedung nya lagi, karena ternyata semua kaca gedung sudah pecah. Ini adalah teori broken window. Dimana jika kita tidak peduli ketika ada masalah kecil, lamakelamaan masalah-masalah kecil tersebut akan menjadi besar, dan akhirnya semua orang tidak peduli lagi.


Dalam software, ini juga bisa terjadi. Ketika kita liat ada orang yang tidak buat unit test di software nya, semakin lama, maka tidak akan pernah ada yang membuat unit test di software tersebut. Jika ada software yang buggy, lalu dibiarkan saja, semakin lama, software itu akan makin banyak masalah, dan ditinggalkan semua orang. 

Kesimpulannya, fix as soon as possible ketika ada masalah sedikitpun di software kita. Semakin lama kita ignorance, alias tidak peduli maka semakin cepat software kita akan menjadi software yang tidak berguna.

Untuk itu kita harus peka terhadap keluhan customer, sebisa mungkin kita berikan solusi walaupun terkadang memang susah untuk mengaplikasikan ke dalam coding atau software tapi setidaknya ada usaha untuk kita memperbaiki aplikasi kita sehingga menjadi leih baik lagi.


#pragmaticProgrammer #programmerZamanNow #code #coding #brokenWindowTheory #programming #programmer

Demikian sedikit tulisan mengenai Broken Window Theory 

Jika artikel ini bermanfaat silahkan di share !!!

Jika ada kritik dan saran silahkan tulis di kolom komentar !!!

0 Response to "Broken Window Theory "

Posting Komentar