Senin, 27 April 2020

Usaha Tidak Akan Menghianati Hasil


Usaha Tidak Akan Menghianati Hasil

Hail Ngademin yang melamar kerjaan hanya sekali, ijinkan saya berbagi pengalaman karir saya, mungkin dapat menghibur rakjel disini.

Saya lulusan SMK Elektronika lalu lanjut ke S1 Informatika di Jogja. Saya diterima bekerja sebagai programmer di Jakarta dan hanya bertahan beberapa bulan karena tampang yang mencurigakan. Saya dituduh mencuri laptop tanpa bukti dan akhirnya dipecat. Mungkin HRD di Jakarta sudah ada komunitas kali ya sehingga ratusan kali saya melamar pekerjaan tetap mental. Bahkan pernah saya sampai 14 kali dipanggil ke sebuah perusahaan besar berskala internasional dan harus gugur di fase ke 15 (akhir) yaitu pas ke HRD nya.


Akhirnya saya pulang kampung dan dikabari bahwa pelakunya sudah ditemukan. Saya sudah terlanjur pulang kampung dan iseng mencoba PNS. Ternyata saya malah menjadi satu-satunya yang diterima dari 64 pelamar dan ditempatkan di kantor yang mengurusi tentang kepegawaian. Tetapi Bertahun-tahun yang saya kerjakan hanya mengurusi berkas dan stempel. Betapa jenuhnya hidup ini, ketika seorang yang berjiwa teknik harus mengurusi administrasi yang monoton.

Tahun 2017 setiap pemda diwajibkan harus punya diskominfo dan saya pun berusaha agar dapat masuk ke dinas tersebut. Setelah masuk saya melihat ada peluang untuk mendapatkan beasiswa S2 yang dibiayai oleh Negara. Karna kelemahan saya ada di komunikasi, maka saya mengambil jurusan magister komunikasi. Saya coba ikut test, lulus dan harus meninggalkan anak istri untuk kuliah. Kuliah hanya 2 jam perhari, dan saya beranikan untuk kredit mobil sehingga saya bisa menjadi supir taksi online selama setahun lebih diluar jam kuliah.


Nopember tahun lalu saya lulus dengan nilai terbaik dan kembali bertugas. Saya dipercayakan sebuah posisi yang memang saya impikan dan saat ini, ketika pandemic ini menyerang, saya cukup menikmati mengabdi kepada Negara lewat pengetahuan yang saya miliki yaitu sebagai orang yang mengelola teknologi dalam rangka pencegahan dan menjaga kondusifitas masyarakat untuk tidak panic lewat iklan layanan masyarakat, vidcon, livestreaming dan media social resmi lainnya. Akun driver taksi online masih ada, tetapi sudah tak pernah lagi dipakai, karna sekarang juga saya mengajar sebagai dosen untuk kelas malam di salah satu kampus disini.

Saya hanyalah anak petani yang ingin berbuat untuk negeri. Tampang, garis tangan dan nasib memang sudah digariskan, tetapi usaha dan konsistensi akan membuat kita survive dari setiap cobaan hidup. Semakin berat tantangan yang dapat kita taklukkan, kita akan tertantang untuk level yang lebih tinggi lagi.

Demikian sedikit tulisan mengenai  Usaha Tidak Akan Menghianati Hasil

Jika artikel ini bermanfaat silahkan di share !!!

Jika ada kritik dan saran silahkan tulis di kolom komentar !!!

0 komentar:

Posting Komentar