Rabu, 13 Mei 2020

Apa itu Insecure?



Apa itu Insecure? 

Insecure merupakan perasaan tidak aman biasanta tanpa di sadari oleh individu. Hal ini wajar dirasakan oleh manusia karena manusia cenderung kurang bisa menyadari kelebihannya sendiri dibandingkan orang lain.

Salah satu alasan mengapa orang merasa tidak aman adalah mereka menilai diri sendiri atau malu dengan diri sendiri, misalnya malu karena warna kulit, tinggi, berat badan, bentuk wajah yang tak sesuai dengan keinginan, dan kamu akan memancarkan aura canggung atau tidak percaya diri. Hal seperti ini menimbulkan rasa tidak aman dan mungkin membuat kamu iri dan cemburu terhadap orang lain yang kamu anggap memiliki banyak kelebihan. Jika sudah timbul perasaan iri dan cemburu atau fikiran negatif lainnya, hilangkan. Pahami bahwa satu-satunya alasan dari fikiran negatif tersebut karna kamu merasa tidak aman dan tidak bahagia dengan diri sendiri.

Banyak orang insecure cenderung tidak percaya diri. Apakah kita termasuk ke dalam orang yang memiliki rasa insecure itu? Ini ciri-ciri pribadi insecure:

Selalu punya fikiran negatif terhadap dirinya (contoh: aku tidak menarik) sehingga hal-hal positif yang ada pada dirinya tidak dianggap/diabaikan.

Selalu membandingkan dirinya terhadap orang lain, dan merasa orang lain lebih baik darinya

Merasa tidak percaya diri

merasa orang lain memiliki penilaian jelek terhadapnya

mempunya krisis kepercayaan(Trust issue)

Jika kamu merasa kamu adalah pribadi yang insecure, kamu harus mengenali hal yang membuatmu merasa insecure. Dengan mengenalinya, kamu akan mengetahui pola pikiran-pikiran negatif yang selalu muncul dan bisa lebih mempersiapkan diri untuk menghadapinya. 

Kedua, lawan pikiran-pikiran negatif tersebut dengan kata-kata yang positif, seperti "Aku bisa, aku akan belajar dari kesalahanku di masa lalu, dan akan terus maju kedepan."

Ketiga, temukan dan refleksikan semua kelebihan atau keberhasilan yang pernah kamu raih. Sekecil apa pun, berikan apresiasi atas keberhasilan yang telah kamu capai. 

Dan yang terakhir, usahakan untuk selalu hidup dimasa sekarang. Tidak perlu memikirkan hal-hal yang belum akan terjadi di masa depan, biasanya hal yang terjadi, tidak seburuk yang kita pikirkan.

Ambil cermin dan tatap diri sendiri, akui semua yang kamu anggap kekurangan. Ya, kamu memang kekurangan, tetapi itu adalah bagian dari diri yang membuat anda berbeda dan unik. Jika ini adalah masalah sangat serius, lebih baik lakukan konseling dengan psikolog. Pengalaman masa lalh juga bisa jadi menjadi penyebab seseorang merasa tidak aman. Masa lalu dengan penolakan, pengkhianatan, pengabaian, dan masa kanak-kanak yang tidak normal juga dapat menjadi penyebabnya.

Tampilah apa adanya dirimu, yakini kamu unik dan menarik, cari apa yang membuat kamu nyaman, lupakan yang membuat kamu tidak nyaman.

Be your self, love your self. 

Demikian artikel sederhana mengenai Apa itu Insecure? 

Jika artikel ini bermanfaat silahkan di share !!!

Jika ada kritik dan saran silahkan tulis di kolom komentar !!!

daftarkan email anda untuk berlangganan artikel dengan gratis !!

0 komentar:

Posting Komentar