Sabtu, 02 Mei 2020

Cara Memperbaiki Kalkulator yang Rusak




Cara Memperbaiki Kalkulator yang Rusak Lengkap Masalah dan Solusinya

Kalkulator merupakan alat bantu hitung, alat ini sangat berguna biasanya untuk membantu pekerjaan yang banyak membutuhkan hitung hitungan seperti angkuntan, kasir, maupun anak sekolah sma. 

Taukah anda jika kalkulator juga bisa rusak atau mati? Biasanya sih kalkulator akan awet jika pemakaian normal, tidak terjatuh, tidak tercelup air. Namun kalkulator juga bisa mati karena batrai yang ada di dalamnya habis. 

Berikut beberapa masalah yang sering terjadi pada kalkulator:

- kalkulator tiba tiba mati
- kalkulator tidak bisa menekan angka yang sama
- kalkulator tidak bisa menekan angka tertentu
- kalkulator tidak hanya menyala saat terkena cahaya matahari

Pertama hal yang harus anda lakukan adalah membuka Casing dari kalkulator tersebut. Caranya adalah lepas semua sekrupnya lalu buka kalkulatornya dengan di congkel dari samping saat sudah terbuka body kalkulatornya kemudian di bagian belakangnya akan terlihat batrai dari kalkulator tersebut bentuknya bulat berwarna silver di dalam sebuah penahan yg berwarna silver juga. Keluarkan baterai dengan mendorongnya dari samping menggunakan obeng atau pinset bawa baterai itu lihat tulisan di belakangnya pasti ada kodenya misal TV131 dll nah catat kode tersebut. Pergi ke tukang service jam atau kalo tidak ya ke mall elektronik / toko elektronik, beli saja batrai yang sesuai dengan code tersebut. Pasang batrai yang baru dan coba , permasalahan anda selesai bukan?


kalkulator tiba tiba mati itu karena habis batrerai solusi ganti batrai baru

kalkulator tidak bisa menekan angka yang sama ternyata masalah ini juga sama saja karena batrai dari kalkulator sudah mau habis, artinya batrai masih bisa nyala tetapi tidak bisa untuk melakukan fungsi fungsi yang lebih, kurang cepat merespon, ditekan tidak muncul angkanya, solusi ganti batrai baru.

kalkulator tidak bisa menekan angka tertentu ini karena tombol dari kalkulator kotor coba buka kalkulator tersebut kemudian bersihkan tombol-tombol dari kalkulator tersebut dengan cuttonboth ,cleaner hingga bersih coba sekarang tekan lagi angka di kalkulator tersebut.

kalkulator tidak hanya menyala saat terkena cahaya matahari 
kalkulator bisa nyala saat berada dalam paparan langsung sinar matahari itu karna panel surya bekerja dengan baik mengisi baterai atau mengganti daya dari batrai untuk kalkulator bekerja. Dan saat berada diruang yg redup kalkulatornya mati itu karna tidak ada suplai energi lagi dari panel surya pun tak berfungsi karna memang cahaya yg kurang solusinya ya sama harus ganti batrai baru.

Fungsi Tombol Calculator yang Mungkin Belum Anda Ketahui

1. C dan CE (Clear Entry)

Salah input angka merupakan hal yang biasa terjadi, apalagi bila kamu melakukan perhitungan dengan banyak angka. Solusinya, cukup tekan tombol C atau CE, maka angka yang diinput terakhir akan dihapus.

2. MR dan MRC (Memory Recall)

Tombol MR dan MRC sebenarnya sama, yaitu untuk memanggil memori yang sudah tersimpan. Misalnya hasil penjumlahan terakhir yang sudah disimpan adalah 15, maka kamu bisa memunculkannya kembali cukup dengan menekan tombol MR atau MRC.

3. M- dan MC (Memory Clear)

Tombol ini memiliki fungsi untuk menghapus angka yang disimpan dalam memori kalkulator. Angka 15 di atas akan segera dihapus begitu tombol M- atau MC ditekan. Dengan kata lain, M- dan MC akan me-reset memori ke kondisi 0.

4. M+ (Memory Plus)

Sesuai namanya, tombol ini punya fungsi menambahkan hasil perhitungan ke memori. Dengan menekan tombol M+, maka hasil hitungan terakhir akan disimpan dalam memori kalkulator. Sebagai contoh, hasil penjumlahan 10+5 = 15, lalu tekan M+, maka secara otomatis angka 15 sudah tersimpan dalam memori.

5. Min
Jika kesulitan mengingat nominal angka yang tertera pada layar kalkulator, tombol Min akan membantu mengingatnya. Tombol Min secara fungsi mirip dengan M+, namun bedanya Min akan menyimpan semua yang ditampilkan di layar saat itu juga.

6. GT (Grand Total)

Tombol ini akan memanggil total semua hitungan dalam memori. Tombol GT digunakan untuk melakukan hitungan beruntun. Misal, untuk mengitung 5+5+(4x2) = 18, tambahkan 5+5=10 dan simpan angka 10 dengan M+. Hitung 4x2 = 8 lalu tekan GT, maka hasilnya akan jadi 18.  

7. AC (All Clear)

acc berguna untuk menghapus semua hasil perhitungan yang ada di layar, juga me-reset semua fungsi yang sudah dimasukkan. Namun tombol AC tidak akan menghapus hitungan yang sudah disimpan dalam memori kalkulator.

8. EXP (Exponensial)

EXP Fungsinya ialah untuk menghitung pangkat. Contoh: Jika kita akan melakukan perhitungan 1,234 x 10 ^ 6, maka di kalkulator kita bisa menekan tombol 1 . 2 3 4 EXP 6

9. Shift

Shift Fungsinya sebenarnya hampir mirip seperti fungsi Shift pada keyboard komputer. Biasanya fungsi Shift di kalkulator gunanya untuk mengakses fungsi tambahan yang ada.

10. MS adalah singkatan dari Memory Storage

MS Sebagai informasi, tak semua kalkulator memiliki tombol seperti di atas. Produsen yang berbeda juga terkadang memiliki istilahnya sendiri. Termasuk adanya perbedaan antara kalkulator biasa dengan kalkulator ilmiah yang digunakan untuk melakukan penghitungan yang lebih rumit.

Semoga bermanfaat

Demikian sedikit tulisan mengenai Cara Memperbaiki Kalkulator yang Rusak

Jika artikel ini bermanfaat silahkan di share !!!

Jika ada kritik dan saran silahkan tulis di kolom komentar !!!

0 komentar:

Posting Komentar