Tokopedia di-Hack 7Juta Data Pelanggan Dijual di DarkWeb, Kita musti Ngapain?




Tokopedia di-Hack 7Juta Data Pelanggan Dijual di DarkWeb, Kita musti Ngapain?

Berita ini pertama kali didengar di forum hacking online, RaidForums seorang Seorang bernama WaySodank (Member VIP) menuliskan postingan “Halo Komunitas RaidForums, Saya memutuskan untuk membagikannya dengan Anda, bagian dari dump Tokopedia bulan Maret 2020. Hash yang terkandung memiliki algoritma yang tidak diketahui, dan saya mencari seseorang yang dapat memecahkannya”.


Aksi peretasan ini diketahui terjadi pada Maret 2020 lalu dan telah mempengaruhi sekitar 15 juta pengguna Tokopedia. Perusahaan Tokopedia sendiri mengakui Jika Tokopedia kena Hack data pelanggan.

Seperti disampaikan oleh Nuraini Razak, VP of Corporate Communications, Tokopedia dalam keterangan resminya seperti yang di muat dalam halaman CNN Indonesia Sabtu (2/4). "Berkaitan dengan isu yang beredar, kami menemukan adanya upaya pencurian data terhadap pengguna tokopedia, tapi Tokopedia memastikan, informasi penting seperti password tetap berhasil terlindungi."




90 juta data pengguna kini di jual bebas di pasar gelap darkweb. Data yang dijual meliputi meliputi informasi pribadi pengguna Tokopedia seperti email, nomor HP, nama, tanggal lahir, dan juga data sensitif lainnya yang di jual dengan harga USD 5000 atau +/-  Rp 74 juta.

Tokopedia menjamin data password pengguna tetap aman, jd jangan terlalu khawatir meski ada usaha hacking namun informasi penting pengguna seperti password tetap berhasil terlindungi lantaran tokopedia menggunakan enkripsi yang cukup kuat. terbukti dengan si hacker sendiri kesulitan untuk mendecript password kemudian melemparkannya ke forum hacking di internet.

Selain itu, untuk tambahan keamanan, selama ini Tokopedia juga menerapkan keamanan berlapis untuk melindungi akun pengguna yaitu dengan menggunakan OTP (one time password) yang dikrim lewat SMS dan hanya dapat diakses secara real time oleh pemilik akun. Segera lakukan pergantian password akun Tokopedia Anda, ganti juga password yang sama yang terkait dengan akun Tokopedia.

Semoga bermanfaat

Demikian sedikit tulisan mengenai Tokopedia di-Hack 7Juta Data Pelanggan Dijual di DarkWeb, Kita musti Ngapain?

Jika artikel ini bermanfaat silahkan di share !!!

Jika ada kritik dan saran silahkan tulis di kolom komentar !!!

0 Response to "Tokopedia di-Hack 7Juta Data Pelanggan Dijual di DarkWeb, Kita musti Ngapain?"

Posting Komentar