Jadi Apa yang Rame Setelah Corona? Ini Jawabannya


Jadi Apa yang Rame Setelah Corona? Ini Jawabannya

Akhir-akhir ini toko sepeda dan bengkel sepeda ramai dikunjungi warga. Ada yang beli, ada yang reparasi. Sebuah fenomena amat membahagiakan. Ada gairah baru untuk bersepeda.
Kini Peraturan Gubernur no 51/2020 mewajibkan perkantoran, pusat pertokoan dan fasilitas umum lainnya untuk menyediakan 10% areal parkir untuk parkir sepeda. 

Dahulu banyak yang memandang sepeda sebagai alat olah raga. Selama ini juga kami terus menerus menggaungkan pesan bahwa sepeda jangan hanya dipadang sebagai alat olah raga, tapi sadarilah bahwa sepeda  adalah alat transportasi. 


Karena itu, naik sepeda tidak harus dengan baju khusus, asesoris khusus dan segala macam peralatan. Cukup ada sepeda dan -dianjurkan- helm. Itu saja langsung bisa bergerak. Bahkan kami sering naik sepeda dengan berseragam dan berbaju batik. 

Sepeda juga tidak harus mahal. Gunakan yang ada. Kalau memang harus beli, maka tidak harus beli yang mahal-mahal. Yang penting kokoh dan semua mekaniknya berfungsi baik. 
Sebagaimana banyak diantara kita, saya tumbuh besar dengan sepeda. Sampai dengan SMP ke sekolah naik sepeda. Masa kuliah tahun2 awal di UGM juga ke kampus pakai sepeda. Dan sepeda yang saya gunakan saat ini, adalah sepeda yg dipakai sejak masa kuliah di amerika. Selama kuliah sempat ganti sepeda beberapa kali karena rusak atau hilang

Sepeda saya sekarang mereknya Schwinn, tipe Skyliner, dan sudah dipakai lebih dari 15 tahun. Saat beli dahulu harganya sekitar $150. Ketika kembali ke Indonesia, sepeda ini ikut dikirim bersama buku-buku masa kuliah. Sampai sekarang sepeda ini tetap nyaman dipakai, masih kokoh, dan hanya perlu perbaikan mekaniknya seperti rantai dan gigi karena sudah “aus” dimakan waktu.


Kita harus sama-sama dorong agar Sepeda bisa menjadi gaya hidup di Jakarta. Sepeda jadi bagian dari seharian. Bukan hanya saat liburan, tapi saat bekerja, saat bekegiatan apapun selama memungkinkan pakai sepeda, maka gunakanlah sepeda.

Pesannya sederhana: mari kita jadikan sepeda sebagai alat transportasi bukan hanya alat olah raga.

Baca Juga :

Demikian artikel "Jadi Apa yang Rame Setelah Corona? Ini Jawabannya"

Jika artikel ini bermanfaat silahkan di share !!!

Jika ada kritik dan saran silahkan tulis di kolom komentar !!!

0 Response to "Jadi Apa yang Rame Setelah Corona? Ini Jawabannya"

Posting Komentar