Cara Membaca Data untuk Mencari Penyebab Toko Sepi dan Langkah Meningkatkan Penjualan di Marketplace



Cara Membaca Data untuk Mencari Penyebab Toko Sepi dan Langkah Meningkatkan Penjualan di Marketplace

Case pertama . Trafik idak ada . Ini paling penting perhatian trafik yg masuk terlebih dahulu. Jika trafik yg masuk perhari hanya puluhan , maka silahkan cek terlebih dahulu market/buyer produk mu di marketplace itu ada apa enggak, bisa dengan cara search produk mu di market place Kalo memang gada toko saingan yg berhasil jual banyak berarti ini yg bermasalah adalah produk mu. Mungkin km harus mulai riset produk baru lagi pastikan market nya ada. Kalo produk udah jelas laku di toko lain, tapi di toko mu masih dikit trafik nya,  bisa dengan gas pake iklan ( tapi jangan asal2 an harus bisa baca data jg . Sebaiknya anda pelajari dulu biar gak boncor )


Case ke 2 trafik banyak konversi rendah . Ini biasanya yg bermasalah harga , gambar , judul , dan deskripsi mu . Pastikan dulu konten kalian jos. Karena jaulan online itu cm jualan informasi , tapi juga harus jujur jangan over melebih-lebih kan. Dan harga nya jg masuk akal . Lihat kompetitor jg bos. Kalo Mark up ente ugal2 ratusan% mungkin bisa aja laku tapi bisa di pastikan cm 1 - 2 kali kecuali sklil mu dah mantap sangat . Bisa juga karena blm ada ulasan alias kalah ulasan. Bisa di akali jual rugi dulu / untung tipis banget buat cari ulasan pertama . Kalo kamu bisa cari suplayer yg bisa kasih harga termurah sih ini bisa gampang km bisa jual termurah jg di marketplace ( biasanya ini produk spesifik yg blm terlalu banting bantingan harga )

Case ke 3 trafik banyak , konten jos. Harga jg masuk udah ada ulasan . Tapi masih sepi jg ? Cek lagi bos judul sama iklan mu. Jangan2 gak ketarget masih umum banget. Misal km jual baju batik tapi di iklan sama judul juga masukin baju kaos jg . Pastikan judul dan keyword iklannya relevan ya bos. Kalo judul sih masih mending bisa buat narik trafic walaupun di data jadi acak2 an , tapi kalo iklan gak relevan yang ada sih boncos bos . Bisa juga saingan mu udah terlalu keras. Contoh fashion , saingan mu udh ribuan ulasan dan produk terjual harga kalah jauh. Saran ane sih kalo ini mending mundur aja cari celah produk spesifik yg minim saingan. 


Case ke 4 . Trafik bagus , konten jos , harga masuk ada ulasan tapi masih sepi jg ? Mungkin kita perlu instrospeksi diri bos , karena memang rezeki udah ada yg atur.  Jangan lupa doa , buang sifat iri dengki 

Sebenernya jualan di market place itu gampang . Yg susah itu dapat produk dan suplayer yg jos. Yg bisa kasih harga bersaing , kasih pelayanan yg bagus.

Saya sarankan juga kalo masih pemula mending main di Niche spesifik aja karena persaingan blm terlalu ganas.  Harga masih bisa Mark up lumayan . Saya sendiri juga main teknik ini makanya dari atas ane sering saranin ini . Kecuali skli mu udah jago baru deh silahkan coba lautan merah karena jelas ikannya lebih banyak 

Ya mungkin itu sedikit sharing dari ilmu saya yang masih cetek alias newbie.


Demikian artikel "Cara Membaca Data untuk Mencari Penyebab Toko Sepi dan Langkah Meningkatkan Penjualan di Marketplace"

Jika artikel ini bermanfaat silahkan di share !!!

Jika ada kritik dan saran silahkan tulis di kolom komentar !!!

0 Response to "Cara Membaca Data untuk Mencari Penyebab Toko Sepi dan Langkah Meningkatkan Penjualan di Marketplace"

Posting Komentar