Sabtu, 24 April 2021

Cara Agar Tidak Mudah Kena Tipu Jual Beli Online



Cara Agar Tidak Mudah Kena Tipu Saat Jual Beli Online

#jualbeli #onlineshop #tertipu

untuk kesekian kalinya saya mengingatkan bahwa para penipu dengan modus iklan kita, baik itu iklan jual beli kontrak rumah,kios, kost2 an,bahkan lowongan kerja  dll. Karena mereka menipu masih dg cara lama yaitu menyatakan deal, kemudian mereka mengirim bukti pembayaran. ( Tiket, bukti tranfer bank ) yang semuanya setelah kita chek itu palsu/penipuan. 

Kuncinya 

1. Lakukan komunikasi  yg berkaitan dengan uang secara tatap muka/ video call dan rekam. 

2. Usahakn melakukan apapun dengan terlebih dahulu bertatap muka copy darat dengan yang bersangkutan jangan  hanya dengan  telpon 

3. Jangan percaya wa wa dg profil yg meyakinkan secara fisik dll. apalagi wa tanpa wajah profil.

4. Bila penipu  yg mentranfer dengan foto bukti sudah  tranfer dan menyatakan uang yg ditranfer salah/kelebihan  itu lah Penipu. Juga klu dgn bgtu cepat penipu menyatakan cocok dg harga penawaran padahal belum liat obyek yang kita tawarkan. 

5. Jangan panik klu terus menerus penipu mengirimi WA dg dalih uangnya minta dikembalikan dg minta mengirimkan  selisih uang dll . Segera chek sms banking atau ke atm terdekat utk memastikan.

6. Segera blokir no penipu. Dan biasanya saya tidak akan respon no penelpon dg kepala  021....dan operator manapun setelah kode 08.. dengan nomor awal  1 kalau tidak kita kenal abaikan saja.


Demikian sedikit tulisan mengenai  Cara Agar Tidak Mudah Kena Tipu Jual Beli Online

Jika artikel ini bermanfaat silahkan di share !!!

Jika ada kritik dan saran silahkan tulis di kolom komentar !!


0 komentar:

Posting Komentar