Senin, 03 Mei 2021

Tips Melamar Kerja Tanpa Penolakan

 

Tips Melamar Kerja Tanpa Penolakan 

Mungkin dari tips ini ada yang tidak masuk di hati anda ya jangan di masukkan atau abaikan saja , tips melamar kerja agar lamaran kita diperhitungkan , lebih tepatnya seperti itu bukan tanpa penolakan, itu hanya klik bait saja agar anda membaca isi dari artikel ini. Cara menulis lamaran pekerjaan agar surat lamaran pekerjaan kita tidak diabaikan oleh perusahaan yang kita tuju adalah:

- Buat CV Polos, simple, dan kalau bisa make table

- Gunakan font ukuran minimal14

- Hindari penggunaan progressbar atau persentase

- Cantumkan pengalaman yang relevan dengan job yang dilamar jangan masukin job yang gak relevan

- Cantumkan rincian pekerjaanmu secara singkat, karena kalau cuma nulis back end kamu jadi be ngapain aja, apa yang udah kamu buat. 

- Kalau saya cv nya lebih dari 1lembar hahaha.. 

- Gunakan pakaian casual atau rapi apa aja jangan hitam putih, apalagi kaos gombor. 

- Gunakan jam tangan bila punya. 

- Jangan membuka percakapan. 

- Jangan kaku menjelaskan pengalamanmu,  butuh skill story telling layaknya komedian. 

- Selipkan jokes dalam interview mu. 

- Selalu tersenyum aja.. 


Karena :

- Beberapa perusahaan make aplikasi untuk filter cv, dan cv yang elegan langsung ketendang hahaha.. 

- Banyak yang meringkas cv jadi 1lembar itu ga memberi kesan menarik pada cv mu, menandakan kamu orang yang kaku,  dan kurang pengalaman. 

- Pakaian hitam putih itu kayak mau daftar spbu, pns, bahkan indomart,  kalau kamu mau jadi petugas fungsional penampilan,  sertifikat, bahkan skill itu nomor 100 mereka butuh orang menarik, yang layak mengisi jabatan itu. 

- Perlu ada komedi untuk bisa memberikan kesan pertama yang berbeda. 


Percaya atau enggak saya gak pernah ngelamar kerja make SKCK, NPWP, KK, Ijazah, Surat Lamaran Kerja. Make cv aja,  meski ada ijazah s1 tapi tak pernah kupakai buat ngelamar kalau diminta aja.. 


Bahkan saya selalu telat saat interview, simple aja kalau saya ditolak kerja saya anggap gak jodoh masih banyak perusahaan yang membutuhkan saya hahaha..  Positive thinking aja, bahkan saya gak pernah ngebaca persyaratan dalam job vacancy,  langsung di apply make bot,  langsung di kirim email make bot, total saya ngelamar sekali nyalain bot itu ratusan. 


Kalau nego gaji pasang tarif tertinggi mu,  kalau mereka bilang kemahalan baru turunin dikit, buat ngasih kesan aja bahwa kamu itu berkualitas.. 


Saya sering menolak undangan test psikotest yang ngisi soal sampek ratusan karena menurut saya, saya bakal gagal jadi gak perlu didatengin biar orang lain aja.. 


Dan kesan para hrd yang menerima saya hampir sama,  kebanyakan bilang saya itu tengil dan brengsek hahaha..  Sayangnya saya tak pernah diterima perusahaan UMKM entah kenapa,  bahkan software house pun menolak saya wkwkwk.. 


Sisi positifnya saya dapat pekerjaan di kantor multinasional..  Kemarin ada yang nanya via pm gimana caranya kerja di 2perusahaan sekaligus,  ya begitulah cara saya bilang apa adanya aja..  Kalau ditolak sisi positifnya kamu tidak berbohong,  dan terbuka di awal, mungkin mereka butuh orang yang fokus 1pekerjaan sesimpel itu aja.. 


Kalau kamu gak bisa lakukan itu lakukanlah dengan cara dan gayamu sendiri.. Cv saya itu norak, dan tidak estetik sama sekali... Beda kayak para pengisi webinar yang ngasih saran harus stylist..


Demikian sedikit tulisan mengenai  Tips Melamar Kerja Tanpa Penolakan 

Jika artikel ini bermanfaat silahkan di share !!!

Jika ada kritik dan saran silahkan tulis di kolom komentar !!


0 komentar:

Posting Komentar