Selasa, 01 Juni 2021

2 Strategi Berjualan di Marketplace Agar Cepat Laku

 


2 Strategi Berjualan di Marketplace Agar Cepat Laku

Salah satu strategi berjualan di toko online sebenarnya tidak jauh berbeda dengan jualan di toko offline, yaitu semakin banyak item yang dipajang semakin besar kemungkinan untuk laku.

Contohnya adalah barang yang saya pajang di Bukalapak maupun Tokopedia sudah lebih dari 500 item, maka paling tidak setiap hari terjual minimal 3 item.


Pertanyaannya adalah; apa tidak capek unggah barang sebanyak itu. Tentu saja capek kalau sekaligus, bisa keriting jari ngetiknya. Lagian kalau upload sehari sampai 25 item bisa dapat teguran dari pihak marketplace (saya pernah mengalaminya).

Jadi strategi saya untuk unggah barang tersebut adalah seperti ketika menulis buku.

Jika menulis buku sehari cukup setengah halaman kertas ukuran A4 saja, maka ketika unggah barang cukup 5 item saja setiap hari asal disiplin. kalau bisa lebih banyak akan semakin baik.


Nah strategi ketika ada barang yang sudah terjual juga demikian, misalnya sehari terjual 5 barang/item, usahakan untuk unggah barang lebih dari 5 (misal 7), maka dengan demikian jumlah item yang kita jual tidak berkurang, tapi bertambah.


Mengenai barang yang mau dipajang, unggah saja berbagai barang yang sepele. walaupun barang yang kelihatan sepele, di marketplace itu kadang malah cepat laku.

Contohnya; saya pernah jualan motherboard komputer, eh malah ada yang tanya punya backplatenya tidak.

Contoh lain, ketika saya unggah kaki TV, eh malah ada yang tanya jual sekrupnya tidak.

Pernah juga saya jual baterai laptop, eh ada pembeli yang nanya baterai CMOS, saya jawab jualan juga, tapi harga di saya lebih mahal dibandingkan toko lain. Si pembeli mau juga kok, karena dia belinya dengan barang lain yang mana ongkos kirmnya jadi 1.

Pokoknya barang yang aneh-aneh itu di marketplace malah laku


Demikian sedikit tulisan mengenai  2 Strategi Berjualan di Marketplace Agar Cepat Laku

Jika artikel ini bermanfaat silahkan di share !!!

Jika ada kritik dan saran silahkan tulis di kolom komentar !!

0 komentar:

Posting Komentar