Jumat, 02 Juli 2021

7 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Belanja Melalui WhatsApp

 


7 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Belanja Melalui WhatsApp


WhatsApp bukan cuma buat chatting dan telpon doang, tapi bisa juga buat jualan alias buat bisnis. Sudah pada tahu dong. 


Banyak yang bertanya apakah aman komunikasi dan bisnis di WA? Aman gak belanja online di WA?


AMAN bosqu!


Baca Juga : Waspada Motif penipuan Tanya Kode OTP


Kalau mau aman ya harus jadi pengguna yang cerdas.


Nih caranya:


1.Perhatikan saat belanja online atau bisnis beda dengan chatting, WA memberi label secara jelas saat kamu bicara dengan akun bisnis.


2.Setiap chat pesan kamu ada label dilindungi oleh enkripsi end-to-end, artinya hanya kamu dan rekan chat kamu yang dapat membaca atau mendengarkan pesan kamu.


3.Ada akun bisnis WA yang ngejawabin pesannya adalah karyawan atau pihak ketiga, jadi mereka butuh waktu untuk proses dan jawab pesanan kamu. Jadi butuh kesabaran juga.


4.Kalau kamu gak mau terima pesan dari seseorang atau dari akun bisnis, bisa kamu blok akun itu melalui chat, ada fiturnya kok. Kalau menurut kamu itu akun bisnis sudah melanggar Kebijakan Perdagangan di WA, kamu bisa laporkan itu akun bisnis.


Baca Juga : 7 Cara Pembayaran Online Shopping


5.Selalu lakukan pengecekan informasi tentang penjual ya. Laporan bisa dikirim ke polisi atau Kemendag melalui nomer WhatsApp 0853-11111-010, email ke pengaduan.konsumen@kemendag.go.id, atau situs resmi di http://simpktn.kemendag.go.id apabila mengalami kerugian akibat berbelanja online.


6.Informasi akun bisnis yang harus dicek: Situs Bisnis atau nomor telepon yang dapat dihubungi, alamat toko fisik, review/komentar dari pembeli lainnya, syarat dan ketentuan serta aturan pengembalian barang secara jelas dan rinci, spesifikasi produk yang didagangkan, dsb.


7. Jangan khawatir, sebagai konsumen, kamu dilindungi oleh Undang-Undang nomor 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen yang menjelaskan tentang apa saja hak dan tanggung jawab kamu.


Baca Juga : Cara Pasang Payment Gateway di Toko Online


Demikian sedikit tulisan mengenai  7 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Belanja Melalui WhatsApp

Jika artikel ini bermanfaat silahkan di share !!!

Jika ada kritik dan saran silahkan tulis di kolom komentar !!

0 komentar:

Posting Komentar