Kamis, 08 Juli 2021

Bingung Apa Peluang Bisnis di Saat Pandemi

 


Bingung Apa Peluang Bisnis di Saat Pandemi


Masa PPKM seperti ini jadi teringat masa awal PSBB dulu. Karena bisnis2 utama kami tutup, juga sayang lihat kantor kosong nganggur, akhirnya bikin bisnis sayur online. Siapa tahu bisa berkembang.


Modalnya cuma 1: Database customer bisnis lokal milik istri.


Eh 2 ding, sama sepeda motor yang kami pakai buat kulakan ke pasar.

Baca Juga : 2 Trick Menulis Atrikel Standar Blog

Hehe iya kami kulakan sendiri di awal. Padahal sebenarnya hati ketar-ketir juga wong belum tahu wujud dan cara main corona ini. Tapi bismillah aja. Alhamdulillah aman melewati itu.


Buat apa kok harus terjun kulakan ngubek2 pasar?


Buat nyari supplier yang cocok. 


Yang kualitas barangnya bagus, bisa diorder via WA dan bisa kirim ke kantor. Supplier ini krusial. Selama ga bisa menemukan yang cocok, pasti proses selanjutnya keteteran. Dan untuk menemukan supplier yang cocok kami merasa harus ketemu langsung secara personal dan meraskan interaksi dengan mereka.


Selama masa pencarian itu kami menjajaki +/- 5 supplier sebelum akhirnya ketemu yang cocok. Baru setelah itu bisa rekrut orang untuk ambil / terima produk dan packing sesuai orderan.


Selain supplier, sejak awal kami juga merekrut kurir, karena pasti ga akan bisa kami kirim sendiri. Supaya dapat opsi kurir yang banyak, kami publish lowongan itu dengan menyampaikan kalau ongkirnya flat dan orderan belum tentu rutin ramai. Kami sampaikan apa adanya supaya hanya yang militan yang mau gabung. Alhamdulillah dapat 2 yang fast respon dan bagus kerjanya. Satu kami pilih sebagai driver utama, satu lagi sebagai cadangan. Enaknya ga perlu alokasi gaji, karena main fee ongkir. Kami cukup modali rengkek supaya memudahkan mereka mengirim orderan. Alhamdulillah ketemu yang cocok. Kurir perempuan yg bisa setir mobil juga jadi bisa nemenin istri untuk pergi2. Sampai sekarang masih sering kami pakai jasanya.


Rasanya itu aja yang signifikan.


Untuk branding masih bisa kami pasrahkan ke desainer grafis kami yang kerja remote. Dia bantu siapkan packaging tas kresek bersablon logo kami dan sehelai ucapan terima kasih buat customer. Berjalan seperti itu sembari berangsur membangun medsos dan web.


Bisa jalan relatif mudah karena utamanya bermodal database customer yang berisi emak2, domisili lokal dan sudah percaya dengan kami. Klop banget. Alhamdulillah.


Tinggal minta price list & info stok dari supplier, kemudian open PO. Dana kami hanya terpakai untuk modal kulakan produk yang tahan lama.


Alhamdulillah bisa dibilang bisnis sayur online kami waktu itu minim sekali modal. Berangsur2 ramai orderan. Sekali dua kali juga pernah sih dikomplain. Bahkan ada yang sampai marah luar biasa ke kurir kami karena kurir salah berikan orderan. Tapi setelah itu ybs order lagi hehe. Memang kalau sudah berbuat salah bisanya cuma minta maaf dan memperbaiki. Seringnya cukup begitu saja customer akan tetap loyal.


Dalam bisnis sayur online ini, bangsa sayur2an hanya memberi margin sedikit, tapi kalau tidak ada sayur, kadang orang ga jadi belanja. Jadi dia harus tetap ada, kita ambil margin dari produk yang lain. Ibarat bisnis bioskop, margin yang besar sejatinya bukan dari bioskopnya, tapi dari jajanannya. Tapi kalau nda ada bioskopnya, nda bisa ambil profit lebih dari jajanannya.


Begitulah berjalan terus sampai alhamdulillah bisa menghasilkan passive income yang lebih dari UMR. Namun bisnis ini kami hentikan setelah bisnis utama sudah bisa jalan lagi. Supaya bisa fokus me-restart ulang sebab dalam momen hibernasi PSBB memang seluruh tim kami bubarkan agar bisa menata lebih baik lagi.


Mlijosuroboyo akhirnya kami berikan ke salah satu mantan pegawai kami. Semua branding, web, IG. Tapi tidak termasuk no WA dan database hehe. Biar berjuang sendiri. Cukup kami bantu broadcast kontak barunya ke seluruh database customer yang pernah belanja. Tapi tempo hari saya cek sepertinya tidak dijalankan.

Demikian sedikit tulisan mengenai  Bingung Apa Peluang Bisnis di Saat Pandemi

Jika artikel ini bermanfaat silahkan di share !!!

Jika ada kritik dan saran silahkan tulis di kolom komentar !!



0 komentar:

Posting Komentar